Advertisement


Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut Rontok

Perawatan rambut rontok bisa Anda lakukan tanpa harus bayar mahal ke salon atau hair stylist profesional. Rambut rontok memang bisa jadi masalah karena artinya ada yang salah dengan kesehatan tubuh Anda yang mempengaruhi kesehatan rambut juga. Rambut rontok masih dikatakan normal apabila tidak lebih dari 100 helai yang rontok setiap harinya. Lebih dari itu, sebaiknya Anda cek kesehatan Anda ke dokter untuk mendeteksi apabila terjadinya gangguan kesehatan. Untuk perawatan rambut rontok, Anda bisa membuat ramuan-ramuan alami dengan bahan yang sangat mudah untuk perawatan sendiri.

Advertisement


Putih telur

Tekstur putih telur yang lengket dan lembut sudah banyak digunakan untuk mengecilkan pori-pori pada kulit termasuk pada kulit kepala. Dengan demikian rambut tidak akan mudah rontok kembali dan memiliki tekstur yang lembut. Rambut dengan tekstur lembut akan memudahkannya ketika disisir dan mengurangi rambut tersangkut pada sisir. Cara perawatan rambut rontok dengan putih telur hanya dengan memisahkan kuning dan putih telurnya. Kemudian oleskan putih telur pada seluruh permukaan rambut, diamkan beberapa menit, bisa dibungkus dengan handuk bersih kemudian cuci.

Santan kelapa

Perawatan rambut rontok juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan santan kelapa yang dimasak hingga mendidih. Kelapa mengandung minyak alami yang bisa membuat rambut jadi lebih kuat dan lebat sehingga rambut tidak mudah rontok. Santan yang sudah dimasak kemudian didinginkan dan diusapkan pada kulit kepala secara merata. Tunggu selama kira-kira setengah jam baru rambut dibilas. Selain santan kelapa, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa yang dibuat sendiri dengan cara membuat ekstraknya dari parutan kelapa, namun membuat minyak kelapa sendiri memang membutuhkan waktu dan usaha yang cukup besar.

Bawang merah

Bawang merah tidak hanya bisa jadi bumbu penyedap masakan tetapi juga bisa menjadi bahan perawatan rambut rontok. Bawang merah punya kandungan antibakteri yang bisa membunuh segala parasit yang bersarang pada akar rambut dan kulit kepala, dan juga melancarkan peredaran darah pada kepala sehingga rambut baru bisa cepat tumbuh lebih kuat dan tidak mudah rontok. Caranya dengan membuat jus bawang merah, bisa menggunakan blender, bisa dengan memeras air dari parutan bawang merah. Usapkan pada kulit kepala seperti menggunakan tonic, tunggu beberapa menit lalu bilas.