Beberapa Tips Sederhana Untuk Mencegah Jerawat

Selain menggunakan bahan alami dan cara tradisional untuk mencegah munculna jerawat; masih ada beberapa hal lain terkait kebiasaan dan gaya hidup yang dapat dilakukan sebaga bagian dari cara mencegah jerawat muncul dan mengganggu penampilan.

Advertisement


  1. Menjaga kebersihan kulit

Mengingat jerawat muncul karena tersumbatnya pori – pori kulit oleh kotoran dan lapisan minyak sehingga menimbulkan infeksi bakteri; maka menjaga kebersihan merupakan cara mencegah jerawat yang paling penting untuk dilakukan. Gunakan sabun atau pembersih wajah yang lembut secara teratur guna mencegah terjadinya tumpukan kotoran di permukaan kulit. Proses membersihkan kulit dapat pula menggunakan air hangat guna membantu terbukanya pori – pori kulit yang tersumbat kotoran. Hindari sabun atau pembersih berbahan kimia karena dapat memicu iritasi pada kulit sensitif. Pembersih antibakteri dapat pula diaplikasikan selama kulit tidak menunjukkan reaksi alergi.

  1. Hati – hati dengan penggunaan pelembab. Kulit yang bertipe kering memang membutuhkan pelembab; namun penggunaan pelembab pada kulit normal atau berminyak seringkali memicu munculnya jerawat karena kulit menjadi terlalu lembab sehingga kotoran juga mudah menempel.
  2. Awasi penggunaan kosmetik bagi para wanita. Penggunaan kosmetik yang berlebihan ataupun proses membersihkan kosmetik yang kurang sempurna dapat menjadi awal pemicu terjadinya jerawat. Kulit yang kotor dengan sumbatan pada pori – pori merupakan lahan yang sangat bagus bagi pertumbuhan bakteri yang pada akhirnya memicu kemunculan jerawat. Pilih kosmetik yang sesuai dengan iklim dan jenis kulit agar terhindar dari masalah jerawat.
  3. Perhatikan kebersihan dan gaya rambut karena rambut dapat menjadi sumber kotoran yang akhirnya menempel pada kulit wajah serta leher yang juga menjadi tempat ideal untuk tumbuhnya jerawat. Tipe rambut berminyak atau penggunaan minyak rambut dapat membuat rambut cepat kotor karena debu dan kotoran jauh lebih mudah menempel. Model potongan rambut yang sering jatuh ke dahi atau bagian muka lain biasanya juga memicu terjadinya jerawat. Hal tersebut terjadi karena kotoran yang menempel pada rambut pada akhirnya berpindah ke permukaan kulit. Alasan inilah yang membuat pilihan model rambut dan menjaga kebersihan rambut merupakan bagian dari cara mencegah jerawatyang sangat penting dan tidak boleh dilupakan.
  4. Jaga kebersihan tangan dan jangan biasakan memegang kulit wajah dengan menggunakan tangan. Tangan merupakan bagian tubuh yang sangat mudah menjadi kotor karena digunakan memegang berbagai macam benda. Tangan kotor yang digunakan menyentuh kulit wajah dapat menjadi media menempelnya kotoran dan bakteri ke permukaan kulit wajah sehingga menimbulkan jerawat. Menyentuh jerawat juga dapat memperparah infeksi dan menyebabkan kerusakan kulit sehingga bekas jerawat kemudian meninggalkan parut.
  5. Menghindari paparan sinar matahari secara langsung juga dapat mengurangi resiko kemunculan jerawat. Paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari dapat meningkatkan sensitivitas kulit. Selain itu; panas yang menerpa kulit juga akan memicu keringat dan aktivitaskelenjar minyak sehingga kulit menjadi lebih cepat kotor. Gunakan tabir surya anti jerawat atau non acnetic sebagai pilihan memperoleh perlindungan dari sinar UV sekaligus sebagai cara mencegah jerawatakibat paparan sinar matahari.
  6. Gaya hidup sehat merupakan cara mencegah jerawatyang sangat esensial. Hal ini dapat dimulai dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan kandungan nutrisi berimbang. Daya tahan tubuh yang baik akan membantu mencegah perkembangan bakteri yang memicu terjadinya jerawat. Makanan dengan kandungan lemak dan minyak tinggi juga dapat memicu jerawat karena meningkatkan aktivitas kelenjar minyak. Melakukan olahraga secara teratur juga dapat menjaga kulit lebih sehat dan bersih karena terbantu oleh proses berkeringat yang alami. Hidup rileks dan bebas stres menjadi bagian penting dari cara mencegah jerawat karena dapat menjaga keseimbangan hormon yang pada akhirnya akan mengurangi resiko kemunculan jerawat.

Advertisement


Previous Post Next Post

You Might Also Like