Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Ada banyak ragam cara menghilangkan jerawat baik secara alami maupun dengan bantuan bahan-bahan kimia. Manakah yang lebih efektif? Sebelum menjawabnya, baiknya kita ketahui lebih dahulu dari tipe jerawat dan pehaman kita sendiri mengenai apa itu jerawat.

Menurut wikipedia, jerawat merupakan salah satu masalah gangguan kulit yang cukup mengganggu, terutama sekali apabila kita termasuk orang yang mengutamakan penampilan. Jerawat biasa muncul pada area muka sehingga dapat terlihat dengan jelas. Pada beberapa kasus, jerawat dapat ditemukan pula di area punggung. Jerawat sendiri merupakan suatu kondisi tersumbatnya pori-pori kulit sehingga menyebabkan kantung nanah. Kantung nanah ini kemudian meradang sehingga terjadilah jerawat. Jerawat sendiri termasuk penyakit kulit dengan jumlah penderita yang cukup besar.

Advertisement

Penyebab dari jerawat kemungkinan besarnya adalah perubahan hormonal di mana hal ini dapat merangsang perkembangan kelenjar minyak pada kulit. Penyebab jerawat lainnya adalah karena produksi minyak yang berlebihan. Kelenjar minyak yang diproduksi secara berlebihan akan menyebabkan terjadinya penyumbatan pada saluran folikel rambut serta pori-pori kulit. Sementara penyebab utamanya ialah hormon serta tumpukan sebum pada kulit yang berkolaborasi dengan bakteri. Jerawat juga dapat disebabkan oleh menumpuknya sel-sel kulit mati yang juga bercampur dengan kelenjar minyak. Terutama apabila sel kulit mati bercampur dengan debu serta kotoran, akan tercipta penyumbat berupa bintik hitam maupun putih.

Penyebab jerawat berikutnya adalah bakteri. Bakteri ini bernama p.acne serta memiliki kecenderungan untuk berkembang biak sehingga akan menghasilkan zat penyebab iritasi pada daerah di sekitarnya. Kelenjar tersebut akan terus membengkak serta besar kemungkiann pecah dan menyebarkan radang menuju daerah sekitarnya di kulit. Hal ini akan menyebabka jerawat batu, yaitu jenis jerawat yang dapat meninggalkan bekas berupa pigmentasi pada kulit seperti bekas pada penyakit cacar. Selain beberapa penyebab di atas, jerawat juga dapat disebabkan oleh penggunaan kosmetik.

1. Mengatasi Dua Masalah Kulit Paling Umum Jerawat Dan Kulit Yang Gelap (5)

cara menghilangkan jerawat

Produk kosmetik yang memiliki banyak kandungan minyak atau bedak yang bercampur foundation dapat menyebabkan pori-pori tersumbat oleh bubuk bedak. Konsumsi dari obat kortikosteroid baik yang berupa obat oles maupun obat minum juga bisa menyebabkan penurunan daya tahan di samping berpotensi menyebabkan jerawat. Permukaan pada telepon genggam juga merupakan media yang sangat subur untuk menumbuhkan bakteri. Rutin cegah hal ini dengan membersihkan permukaan dari telepon menggunakan alkohol. Stress juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Terdapat hormon tertentu yang keluar saat kita tengah mengalami stress sehingga jerawat akan sangat mungkin muncul.

Jenis-Jenis Jerawat Wajah

Setelah mengetahui penyebab munculnya jerawat, kita juga harus tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat. Namun sebelumnya, kita ketahui terlebih dahulu jenis-jenis jerawat yang ada dan sering diderita agar penanganan yang diberikan dapat lebih maksimal. Yang pertama ada komedo. Komedo sendiri sebenarnya merupakan sebutan untuk pori-pori yang tersumbat. Komedo terbuka akan terlihat seperti pori-pori yang menghitam serta membesar dan seringkali disebut blackhead. Sementara komedo yang tertutup akan memiliki kulit tumbuh di atas pori-pori, menyebabkannya tampak seperti tonjolan kecil berwarna putih serta sering disebut sebagai whitehead. Komedo muncul sebagai akibat dari sel kulit mati serta sekresi dari kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Komedo biasa ditemukan di sekitar area hidung.

Kedua ada jenis jerawat biasa. Jerawat ini mudah dikenali, yakni berupa tonjolan berwarna kemerahan serta berukuran kecil. Jerawat terjadi karena tersumbatnya pori-pori oleh infeksi dari bakteri p.acne. Bakteri ini juga dapat hidup tanpa memerlukan oksigen serta dapat menyebabkan iritasi di daerah sekitar kulit yang dihinggapinya. Bakteri dapat menginfeksi dari kuas make up, waslap, jari tangan hingga telepon. Stress dan hormon juga bisa membuat jerawat terbentuk pada wajah.

Ketiga ada jenis jerawat batu atau disebut pula Cystic acne. Jerawat ini memiliki ukuran yang besar, meradang hebat serta berkumpul di seluruh muka. Cystic acne dapat terjadi karena faktor genetik atau keturunan. Secara genetik, penderita Cystic acne ini pada umumnya akan memiliki kelenjar minyak over aktif sehingga pori-pori dibanjiri oleh kelenjar minyak. Pertumbuhan sel kulit juga terbilang tidak normal serta tidak dapat melakukan proses regenerasi dengan sama cepatnya seperti kulit normal. Selain itu, penderita Cystic acne juga umumnya memiliki respon berlebihan atas peradangan. Hal ini akan meninggalkan bekas pada kulit. Setelah mengetahui pengertian jerawat, penyebab jerawat dan jenis-jenis jerawat yang ada, saatnya kita mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami. Banyak produk di pasaran yang mengklaim mampu menghilangkan jerawat, namun cara alami pun tidak ada salahnya dicoba sebagai perawatan pertama. Kita bisa mendapatkan bahan-bahannya dengan murah dan mengolahnya secara mudah. Berikut adalah beberapa cara mengatasi dan menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Tips Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Pertama, kita bisa memanfaatkan madu sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami. Madu memang dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Madu dipercaya dapat menghilangkan keriput serta melembabkan kulit di samping menghilangkan jerawat. Hal ini tak terlepas dari kandungan anti bakteri serta antioksidan yang tinggi di dalamnya. Sediakan madu secukupnya saja, lalu oleskan madu secara merata pada seluruh bagian kulit. Pilih madu yang masih alami serta jangan lupa bersihkan muka terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Diamkan selama tiga puluh menit kemudian bilas menggunakan air dingin. Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah lemon serta jeruk nipis. Keduanya sama-sama bisa digunakan dengan cara yang sama. Belah buah menjadi dua bagian kemudian gosokkan pada wajah yang terkena jerawat. Khusus bagi penderita jerawat batu, oleskan air perasan jeruk saja. Karena jika digosokkan dikhawatirkan jerawat batu justru akan meletus lalu mengakibatkan luka. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas menggunakan air. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk nipis dan lemon akan dapat membantu mengempeskan jerawat, mengurangi minyak berlebih serta memutihkan kulit.

Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan buah tomat. Tomat tak hanya dapat digunakan sebagai campuran saat memasak, tapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Dalam tomat terkandung vitamin E dalam jumlah tinggi sehingga sangat bagus sebagai bahan perawatan kulit. Di samping menghilangkan jerawat, tomat juga berfungsi untuk menghilangkan flek hitam yang menjadi bekas jerawat. Cara mengolahnya juga cukup mudah. Sediakan satu hingga dua buah tomat segar. Belah dua lalu gosokkan pada wajah yang berjerawat. Selain menggunakannya dengan cara digosok, buah tomat juga bisa dihaluskan agar menjadi masker. Haluskan satu hingga dua tomat segar menggunakan blender kemudian oleskan merata pada wajah. Diamkan sampai kaku kemudian bilas menggunakan air bersih hangat. Menghilangkan jerawat juga bisa dilakukan dengan menggunakan es batu. Caranya, buat es batu dari air, madu serta perasan lemon. Gosokkan es batu ke area jerawat. Cara ini terutama berguna untuk mengatasi jerawat batu yang meradang, bahkan bisa mengempeskan jerawat tanpa meninggalkan luka atau pigmentasi kulit. Untuk hasil maksimal, tempelkan es pada jerawat hingga mati rasa.

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang tak kalah ampuh adalah dengan menggunakan pasta gigi. Dalam pasta gigi terkandung senyawa mint serta mineral alami yang dapat membantu penyumbatan folikel di kulit. Pilihlah pasta gigi dengan bahan alami herbal mint. Oleskan sedikit pada area berjerawat yang sebelumnya sudah dibersihkan. Diamkan semalam sampai mengeras. Pagi harinya, bilas menggunakan air dingin. Pasta gigi terutama sangat baik untuk meringankan jerawat meradang serta pembengkakan jerawat. Bahan alami lain yang dapat digunakan adalah mentimun. Buah yang satu ini memiliki sneyawa anti inflamasi sehingga dapat digunakan untuk mencegah nyeri serta mencerahkan kulit wajah. Ada dua cara menggunakan mentimun. Yang pertama, potong mentimun menjadi dua lalu tempelkan pada area yang berjerawat. Cara kedua, haluskan timun dan gunakan sebagai masker.  Diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit. Bilas menggunakan air agar bersih. Pilih timun yang masih segar agar kandungan nutrisinya tetap terjaga dan hasil yang didapat semakin maksimal. Timun juga bisa digunakan untuk jenis kulit sensitif karena memiliki sifat menenangkan.

Bahan berikutnya yang terkenal dapat menghilangkan jerawat pada wajah ialah lidah buaya. Selain terkenal dapat menghitamkan rambut, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat. Dalam lidah buaya terkandung anti bakteri yang tinggi. Penggunaan secara rutin masker lidah buaya akan menghasilkan kulit yang mulus. Siapkan lidah buaya kemudian ambil gel di dalamnya Oleskan ke area yang berjerawat dan sebelumnya sudah dibersihkan menggunakan air. Diamkan selama tiga puluh menit agar meresap. Bilas dengan air bersih. Bahan lain yang juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat ialah bawang putih.  Bumbu dapur ini memiliki kandungan anti bakteri serta anti inflamasi tinggi sehingga sangat baik untuk mengobati jerawat. Potong satu buah bawang putih menjadi dua, lalu gosokkan pada area yang mengalami jerawat. Diamkan selama sepuluh hingga lima belas menit. Bilas menggunakan air hangat. Dalam penggunaan bawang putih, hentikan pemakaian apabila jerawat telah menghilang. Ini karena penggunaan secara berlebihan ternyata tidak baik untuk kulit. Gunakan pula bawang putih yang masih segar dan bagus agar nutrisi dapat terjaga dan mengobati jerawat secara lebih maksimal.

Bahan lain yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami adalah putih telur. Putih telur juga sudah banyak terkenal sebagai bahan alami guna mengatasi jerawat. Dalam putih telur terkandung protein dalam jumlah tinggi serta berbagai mineral lain seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor dan lainnya. Kandungan nutrisi ini sangat baik dalam mengatasi berbagai macam jerawat. Putih telur juga memiliki manfaat lain untuk mengencangkan kulit. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Siapkan satu butir telur bebek atau telur ayam kampung. Pisahkan kuning telur dengan putih telurnya, karena yang digunakan hanya putih telurnya saja. Kocok sampai berbusa, kemudian tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon agar tidak amis. Oleskan sampai merata ke seluruh bagian wajah. Diamkan dan bilas menggunakan air hangat. Bahan berikutnya yang juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat ialah kentang. Tak sekedar sebagai umbi-umbian yang lezat dimasak, kentang juga memiliki senyawa anti bakteri sehingga dapat menghilangkan jerawat. Haluskan kentang secukupnya lalu tambahkan madu hingga bentuknya menyerupai adonan pasta. Oleskan merata pada wajah dan diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit. Bilas menggunakan air dingin.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan mudah bisa kita lakukan dengan menggunakan baking soda serta oatmeal. Cara pembuatannya juga mudah. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan satu sendok makan oatmeal. Tambah sedikit air panas dan aduk sampai membentuk adonan. Oleskan pada bagian yang berjerawat lalu diamkan hingga kering. Bilas menggunakan air dingin. Sama seperti penggunaan bawang putih, hentikan pemakaian baking soda apabila jerawat telah hilang. Terlalu sering menggunakan baking soda bisa membuat kulit iritasi. Bahan alami lain yang terbukti dapat meringankan jerawat adalah kulit jeruk serta kulit pisang. Keduanya ternyata ampuh untuk mengatasi berbagai macam jerawat, mulai dari jerawat biasa, komedo hingga jerawat batu. Caranya juga mudah dan sederhana. Siapkan kulit pisang serta kulit jeruk, blender hingga halus. Tambahkan dengan madu. Gosok secara perlahan dan diamkan selama kurang lebih sepuluh menit. Bilas menggunakan air hangat hingga bersih. Selanjutnya, kita juga bisa menggunakan kayu manis serta cuka apel. Cuka apel dapat mencegah peradangan karena adanya sifat anti inflamasi, sementara dalam kayu manis terkandung antiseptik yang bermanfaat dalam membasmi kuman penyebab jerawat.

cara menghilangkan jerawat

cara menghilangkan jerawat

Siapkan cuka apel sebanyak satu sendok makan serta bubuk kayu manis secukupnya. Campurkan hingga membentuk pasta lalu oleskan merata pada wajah. Diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit dan bilas menggunakan air hangat. Bahan lain yang ampuh dalam meringankan jerawat adalah air mawar serta bubuk cendana. Dalam bubuk cendana terdapat anti bakteri sementara air mawar memiliki aroma yang bisa menenangkan pikiran. Cara pembuatannya sangat mudah. Cukup campurkan air rendaman mawar sebanyak satu sendok makan dengan bubuk cendana sebanyak dua sendok makan hingga berbentuk seperti pasta. Kita juga bisa membeli air mawar dalam botolan yang banyak tersedia di supermarket. Dengan menggunakan jari, oleskan campuran tersebut sampai merata ke seluruh wajah terutama yang terkena jerawat. Diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit atau sampai keras serta mengering. Bilas menggunakan air dingin agar bersih. Agar semua perawatan menghilangkan jerawat di atas berhasil secara maksimal, gunakan secara teratur seminggu sekali atau beberapa kali dalam seminggu sesuai keperluan. Gunakan bahan-bahan yang masih segar agar kandungan nutrisi terjaga dan manfaatnya dapat terasa.

Advertisement

Terdapat beberapa aturan penting dalam menerapkan cara-cara mengatasi jerawat secara alami di atas. Pertama, kita cukup menerapkan salah satu cara di atas saja dan tidak perlu semuanya dicoba. Misalkan apabila kita sudah mencoba perawatan menggunakan madu, maka gunakan cara tersebut sampai membuahkan hasil, dan jangan menggunakannya berbarengan dengan perawatan lidah buaya atau bahan lainnya. Lakukan juga secara rutin serta telaten, minimal satu kali dalam sehari. Hentikan segera perawatan setelah jerawat menghilang. Apabila dalam pemakaian bahan alami ditemukan adanya gejala iritasi atau alergi seperti kulit memerah, gatal, nyeri dan sebagainya, segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter. Selain itu, perlu diketahui pula bahwa jerawat tidak menular, tidak bisa diatasi dengan cara dipencet karena justru dapat memperparah jerawat serta tidak dipengaruhi oleh aktivias seksual seseorang. Agar jerawat tidak muncul kembali, jalanilah pola hidup yang sehat supaya hormon senantiasa stabil. Rutin olahraga, konsumsi makanan sehat yang mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan serta menghindari stress akan sangat membantu agar jerawat tidak datang kembali. Selain itu, rutin pula mencuci wajah agar wajah terbebas dari debu dan kotoran yang menempel terutama setelah seharian beraktivitas. Demikian adalah beberapa cara dalam mengatasi jerawat secara alami dan mudah. Semoga uraian di atas dapat membantu para pembaca untuk memahami cara menghilangkan jerawat yang alami.

Terms: tips menghilangkan jerawat dengan alamicara menghilangkan jerCara mengurangi jerawat dengan bantuan buahcara menghilangkan jerawat secara alamiwebsite untuk bekas jerawat