Jerawat Dan Kulit Yang Gelap (Masalah Umum)

Menghaluskan kulit wajah dan bebas jerawat antara pria dengan wanita  punya cara yang berbeda. Pasalnya, karakteristik antara kulit wajah wanita dengan pria beda-beda. Oleh karena itu produk perawatan kulit yang digunakan pun berbeda di mana formulasi produk perawatan pada kulit pria punya sifat yang lebih keras dibandingkan karakter kulit wanita yang lebih lembut. Hal ini disebabkan oleh karakter kulit pria yang lebih tebal serta pigmentasi yang lebih dalam sehingga warnanya lebih gelap. Sedangkan kulit wanita yang lebih tipis rentan terhadap proses penuaan, penggelapan kulit atau tanning, munculnya selulit, dan berbagai masalah kulit lainnya. Maka dari itu wanita membutuhkan perawatan kulit yang lebih intensif dibandingkan pria. Tetapi bukan berarti pria juga aman dari berbagai masalah kulit yang umum misalnya kulit yang kusam dan juga jerawat.

Advertisement

Baik wanita maupun pria sama-sama bisa terjangkit masalah kulit yang namanya jerawat. Jerawat adalah musuh besar bagi kaum manusia di mana si pemilik kulit berminyak lebih besar resikonya mengalami jerawatan. Kulit pria memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif dibandingkan wanita sehingga cara merawat wajah haruslah melibatkan cleanser yang bisa mengontrol kadar minyak pada kulit. Begitu juga dengan wanita yang harus memilih cleanser sesuai dengan jenis kulitnya agar kotoran tidak menumpuk di kulit dan menimbulkan peradangan yang menjadi jerawat. Bebas dari jerawat artinya kulit Anda akan tetap halus dan mulus serta bersih.

Perawatan wajah yang tidak boleh dilupakan adalah menggunakan sunscreen baik ketika berada di luar ruangan maupun hanya di dalam ruangan. Sunscreen berguna untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari yang bisa menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap dan merusak sel-sel di lapisan kulit. Kulit pria memiliki pigmentasi yang lebih tinggi sehingga lebih mudah untuk menjadi gelap. Karena itu pakailah sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi untuk membuat kulit lebih putih dan sehat. Jerawat dan kulit yang gelap adalah dua masalah kulit yang banyak melanda masyarakat Indonesia karena iklim yang tropis berarti intensitas matahari yang lebih tinggi. Bisakah kedua masalah ini diatasi dengan cara yang aman tanpa harus berhubungan dengan perawatan dan bahan produk yang berbahaya? Berikut adalah ulasan mengenai cara mengatasi jerawat dan menjaga kulit tetap cerah.

Cara menghilangkan jerawat yang ampuh

jerawat photo

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering sekali dialami oleh wanita maupun pria. Ada beberapa hal yang bisa memicu timbulnya jerawat, yang paling umum adalah kondisi permukaan kulit yang tidak bersih. Kotoran-kotoran yang menempel di kulit jadi sarang tempat berkembang biaknya bakteri yang menyebabkan peradangan berupa bintik-bintik timbul pada kulit yang kemerahan. Jerawat juga muncul karena perubahan hormon pada tubuh seseorang misalnya saat pubertas, saat hamil, atau saat masa menstruasi. Cara menghilangkan jerawat batu tentu saja dengan menjaga agar kulit tetap bersih namun jangan menghilangkan kelembabannya sama sekali. Kelembaban kulit bisa hilang karena penggunaan produk perawatan yang kurang tepat atau karena terlalu sering cuci muka dengan menggunakan sabun.

Secara umum ada tiga cara untuk menghilangkan jerawat yaitu dengan konsultasi ke dokter kulit, menggunakan berbagai produk perawatan kulit, dan yang ketiga adalah menjaga pola hidup yang sehat. Cara yang ketiga adalah cara yang bisa menjaga kondisi kulit Anda untuk jangka panjang. Jerawat tidak bisa dihilangkan dalam sekejap mata, tetapi apabila jerawat tidak kunjung sembuh padahal sudah ada usaha, Anda bisa datang ke dokter kulit untuk diresepkan obat yang pas untuk mengatasi berbagai tipe jerawat. Obat yang biasa diberikan kepada pasien jerawatan umumnya adalah antibiotik topikal, retinoid topikal, pil KB kombinasi untuk wanita, tablet isotretinoin, tablet antibiotik, dan asam azelaic. Sedangkan cara mengatasi jerawat selain ke dokter bisa Anda lakukan dengan cara berikut.

Masker tanpa scrub

Perawatan wajah tidak bisa lepas dari cara membersihkan wajah dari kotoran dan sel kulit mati yang benar. Untuk kulit yang sedang dilanda jerawat dengan tingkat medium hingga jerawat kronis, sebaiknya hindari pembersih wajah yang mengandung scrub. Scrub pada produk pembersih bisa membuat kulit berjerawat menjadi semakin iritasi dan menyebarkan bakteri ke seluruh permukaan kulit. Pilih produk pembersih atau masker yang memiliki tekstur lembut dan dibuat dari bahan alami agar kotoran dan sel kulit mati bisa terangkat dengan sempurna. Bahan alami juga bisa memberikan kelembaban alami pada kulit tanpa menambah minyak pada wajah, dan juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk lebih sehat. Klik link ini untuk tutorial membuat scrub yang aman untuk jerawat.

Perbanyak makan wortel

Wortel adalah cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa dengan mudah Anda lakukan. Wortel bisa dikonsumsi dalam bentuk sayur, dimakan mentah, atau dijadikan jus yang segar dan nikmat. Wortel juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah alami dengan cara diparut dan ditambah dengan bahan lain yang bagus untuk kulit misalnya madu atau perasan lemon dan jeruk nipis. Pasalnya wortel mengandung vitamin A dalam jumlah yang cukup tinggi. Selain untuk mata, ternyata vitamin A juga memperkuat jaringan pelindung pada kulit dan mencegah jerawat menjadi semakin parah. Wortel juga membantu dalam mengontrol minyak yang diproduksi pada permukaan kulit.

Batasi konsumsi produk susu

Susu memang bagus untuk tubuh terutama untuk asupan kalsium setiap hari. Susu juga bisa dimanfaatka sebagai masker pemutih wajah yang cukup ampuh. Namun bagi Anda yang sedang jerawatan sebaiknya batasi konsumsi produk susu karena susu bisa merangsang kelenjar minyak untuk lebih aktif lagi dalam memproduksi minyak pada permukaan kulit. Tidak hanya susu murni yang dibatasi, produk turunan susu lainnya juga dikontrol misalnya yogurt, keju, coklat yang mengandung susu atau milk chocolate, dan sebagainya.

Jangan menyentuh wajah

Larangan untuk menyentuh wajah sebenarnya adalah aturan paling pertama dalam merawat jerawat meradang, tapi sadar atau tidak sadar masih banyak orang yang melakukannya. Tangan adalah permukaan kulit yang paling banyak mengandung bakteri, kuman, dan juga kotoran lainnya karena banyak menyentuh objek ini itu  yang kebersihannya seringkali diragukan. Cuci tangan Anda secara rutin dan hindari menyentuh wajah apalagi memencet-mencet jerawat dengan menggunakan tangan yang kotor. Bakteri yang ada di tangan bisa berpindah dengan mudah ke wajah Anda dan membuat jerawat menjadi lebih meradang bahkan bisa meninggalkan bekas luka.

Rutin olahraga

Cara menghilangkan jerawat batu selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga adalah cara detoksifikasi tubuh yang bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga permukaan kulit Anda bisa jadi lebih sehat. Olahraga yang rutin juga akan merubah pola makan Anda menjadi lebih sehat minimal mengurangi asupan camilan yang tidak sehat dan membuat kulit lebih rentan terhadap jerawat. Hal ini karena olahraga akan melancarkan sistem metabolisme Anda sehingga bisa menyerap nutrisi lebih baik dan membuat makanan mencerna serat lebih baik sehingga rasa kenyang bisa lebih lama.

Hindari sinar matahari langsung

Sinar matahari yang terik bisa menyebabkan jerawat meradang dan menimbulkan bekas luka permanen. Akibatnya kulit jadi bopeng dan lebih sulit untuk membuatnya mulus lagi. Jika banyak melakukan aktivitas di luar sebaiknya gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 yang dioleskan ke wajah sebelum menggunakan riasan dan diulangi lagi jika Anda banyak berkeringat atau sehabis memcuci muka. Beberapa produk makeup juga bisa membuat jerawat menjadi lebih parah. Perhatikan pemilihan produk kosmetik yang tepat untuk kulit Anda.

Scrub alami

Cara membersihkan bekas jerawat juga bisa dengan menggunakan gula atau oatmeal sebagai scrub alami. Gula dan oatmeal bisa mengangkat sel kulit mati dan membantu mengurangi timbulnya bekas jerawat dengan tekstur yang tidak terlalu kasar di kulit. Cara menggunakan gula sebagai scrub bisa dicampur dengan minyak jojoba, minyak zaitun, madu, air perasan jeruk nipis, atau bahan-bahan lainnya yang bisa berguna untuk merawat jerawat dan lukanya. Kemudian usapkan scrub pada jerawat dengan gerakan memutar yang lembut selama 3 sampai 5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Cara yang sama juga berlaku dengan menggunakan oatmeal. Ini caranya membersihkan wajah berminyak yang benar.

Cara membuat wajah menjadi lebih putih alami

Kulit yang putih, kenyal, dan halus adalah standar kecantikan bagi masyarakat Indonesia, baik untuk pria maupun wanita. Kulit yang putih bersih menandakan pribadi seseorang yang memperhatikan penampilan. Sedangkan ada banyak sekali hal yang bisa membuat warna kulit jadi gelap, misalnya terlalu banyak terpapar sinar matahari. Cream pemutih badan jadi solusi yang paling banyak dicari untuk mendapatkan hasil yang instan. Tidak masalah jika Anda lebih suka memutihkan wajah dan tubuh dengan menggunakan produk kosmetik. Namun yang harus diperhatikan adalah keamanan dan juga komposisi dari produk pemutih tersebut. Pemutih yang aman dan baik untuk Anda adalah yang tidak mengandung bahan pemutih berbahaya, yang bisa dilihat pada label komposisinya. Kemudian pastikan tertera nomor pendaftaran BPOM pada kemasan yang mesti dicross-check pada halaman situs resmi BPOM. Krim pemutih wajah yang bagus juga tidak menjadikan kulit Anda mengelupas karena pengelupasan kulit bisa membuat kulit Anda menjadi tipis dan semakin rentan dengan efek buruk sinar matahari. Ini dia bahan-bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kulit jadi lebih putih dan bercahaya.

Yogurt

Bahan alami pertama yang bisa jadi krim pemutih wajah yang bagus adalah produk turunan susu yaitu yogurt. Caranya hanya dengan mencampurkan beberapa sendok yogurt dengan oatmeal secukupnya kemudian diaduk rata sambil diberikan air perasan jeruk nipis. Yogurt memiliki kandungan asam laktat yang bisa membantu mencerahkan warna kulit yang tidak rata. Campuran yogurt dengan oatmeal bisa jadi bahan eksfoliasi yang bisa mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada kulit sehingga wajah terlihat tidak kusam dan membuka lapisan permukaan kulit yang baru.

Jeruk

Masker untuk memutihkan wajah juga bisa dengan menggunakan jeruk. Kandungan pada jeruk yang paling berperan dalam mencerahkan warna kulit adalah kandungan vitamin C. Vitamin C yang terkandung pada jeruk bisa memberikan perlindungan pada kulit sehingga tidak mudah menjadi gelap karena paparan sinar matahari. Vitamin C juga memicu diproduksinya kolagen di dalam tubuh sehingga kulit tidak hanya menjadi putih namun juga tetap kenyal dan mulus. Cara membuat masker jeruk ada dua yang pertama adalah dengan mencampur jus jeruk murni dengan bubuk kunyit secukupnya, lalu aplikasikan pada wajah dan leher. Masker yang kedua adalah dengan menumbuk kulit jeruk yang sudah kering lalu campur dengan yogurt untuk membuat pasta.

Madu

Berbicara mengenai bahan pemutih wajah yang alami, madu tidak pernah terlewatkan untuk disebutkan. Pasalnya, madu memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga aman untuk digunakan pada jenis kulit apa saja bahkan kulit berjerawat. Madu tidak hanya bisa mengoreksi warna kulit yang gelap tetapi juga berfungsi sebagai pelembab alami yang membuat kulit tidak mudah menggelap ketika terpapar sinar matahari. Madu juga sebagai bahan antibakteri yang bisa mencegah jerawat menjadi luka permanen. Madu murni bisa langsung diaplikasikan ke wajah, bisa juga dicampur dulu dengan susu bubuk, perasan lemon atau jeruk nipis, dan juga minyak almond.

Lemon

Cream pemutih wajah racikan dokter biasanya mengandung lemon sebagai salah satu bahannya. Lemon memang banyak digunakan untuk komposisi pembuat berbagai produk kosmetik. Hal ini karena kandungan asam pada lemon bekerja sebagai pencerah warna kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi berperan untuk mempercepat pembentukan sel-sel baru sehingga warna kulit tetap putih dan sehat. Lemon juga mengandung zat antioksidan yang bisa melawan dampak buruk dari sinar matahari sehingga menyebabkan pigmentasi pada kulit. Anda bisa memotong buah lemon dan mengusapkan dagingnya ke wajah yang sudah dibersihkan sebagai masker atau toner. Ini caranya memutihkan wajah dengan lemon.

Lidah buaya

Perawatan wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan gel pada lidah buaya. Gel pada lidah buaya bisa membuat warna kulit Anda lebih rata. Misalnya pada wanita berhijab yang pasti punya masalah dengan warna kulit wajah bagian depan terlihat lebih gelap dibandingkan bagian kulit yang setiap hari tertutup oleh hijab. Lidah buaya atau aloe vera juga bisa bermanfaat bagi pemutih wajah pria terutama untuk membuat kulit menjadi lebih cerah meski memiliki warna asli kulit yang gelap. Caranya cukup hanya dengan memotong lidah buaya dan mengusapkan daging gelnya ke kulit Anda. Atau kupas lidah buaya untuk memudahkan mengaplikasikan gel pada wajah.

Itulah beberapa trik dan tips yang bisa Anda dalam melakukan usaha-usaha menghaluskan kulit wajah. Menggunakan bahan alami sebagai cara mengatasi jerawat batu dan juga membuat sendiri cream pemutih wajah akan jauh lebih aman dan hasilnya bisa lebih permanen. Bagaimanapun juga kulit membutuhkan nutrisi yang didapat dari bahan-bahan alami agar sel-sel lapisan kulit bisa tetap sehat dan cepat beregenerasi sebelum rusak karena dampak buruk sinar matahari. Berkonsultasi dengan dokter bisa dilakukan apabila usaha alami yang dilakukan tidak membuahkan hasil yang signifikan sehingga masalah kulit harus segera diatasi sebelum jadi semakin parah.

Advertisement

Sembarangan dalam memilih krim pemutih wajah yang bagus bisa membuat warna kulit Anda putihnya tidak natural, justru terlihat seperti topeng. Pemutih yang menyebabkan pengelupasan kulit bisa membuat kulit semakin tidak tahan dengan cahaya matahari sehingga bisa membuat kulit tampak kemerahan. Lapisan kulit yang menipis juga membuat sinar UV lebih mudah menembus kulit dan merusak sel-sel di kulit yang menyebabkan kerusakan jadi semakin sulit untuk diatasi, bahkan bisa berkembang jadi kanker kulit. Baik pria maupun wanita wajib untuk merawat kulitnya dengan baik karena kulit yang terawat artinya Anda juga menjaga kesehatan secara umum.

Terms: sunburn untuk kulit berjerawat dan juga sebagai pemutihjerawat tambah kulit gelapPerawatan untuk kulit gelap dan berjerawatpria berkulit sawo matang berjerawat banyak