Jerawat Meradang? Inilah 7+7 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Masalah Jerawat Meradang

Jerawat meradang sama sekali tidak menyenangkan. Betapa tidak? Bukan hanya keberadaannya yang mengganggu penampilan, namun juga menyebabkan rasa perih dan tidak nyaman. Karenanya beragam cara dilakukan untuk mengobati gangguan pada kulit tersebut. Dibanding harus mengobati sebenarnya lebih baik mencegah kondisi peradangan terjadi.

jerawat meradangAdapun peradangan terjadi bila terdapat sumbatan komedo meradang dan kemudian memerah. Jerawat yang meradang bisa pula dipicu karena Anda melakukan cara yang salah untuk mengusir jerawat di wajah. Misalnya memencet menggunakan tangan atau alat yang tidak steril hingga memencet dengan cara yang salah. Teknik memencet yang salah dan penggunaan alat yang tidak bersih hanya akan membuat jerawat menjadi kemerahan, terinfeksi, terluka, dan meradang lebih parah. Bahkan besar kemungkinan akan meninggalkan bekas luka membandel.

Bila terlanjur muncul luka artinya Anda harus bekerja ekstra. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Namun, bila jerawat sudah terlanjur menyerang dan meninggalkan bekas luka tidak perlu khawatir. Karena pada ulasan kali ini akan diberikan cara menghilangkan jerawat dan bekasnya. Yuk cari tahu!

Advertisement

Faktor Penyebab Jerawat

Pada umumnya muncul di dahi, hidung, atau pipi. Namun, tidak jarang pula muncul di leher, pundak, bahkan punggung. Mengetahui apa faktor penyebab sekiranya bisa membantu upaya menghilangkan jerawat membandel. Masalah kulit yang memiliki istilah medis acne vulgaris ini sebenarnya masalah klasik kulit wajah. Berikut beberapa faktor penyebabnya:

  • Produksi Minyak Berlebih

Faktor penyebab pertama merupakan faktor internal berupa produksi minyak berlebih. Produksi sebum berlebih merupakan kondisi kulit abnormal yang menyebabkan penyumbatan di saluran folikel pori-pori dan rambut kulit. Produksi minyak berlebih menjadi faktor penyebab paling umum. Agar kulit tidak berjerawat Anda mesti mengontrol produksi minyak. Salah satunya dengan menjaga asupan makanan sehat, kurangi makanan berminyak, dan rutin membersihkan muka misal dengan melakukan perawatan wajah.

  • Hormonal

Produksi sebum berlebih berkaitan pula dengan faktor hormon. Perubahan hormon misal hormon progesteron pada wanita menghasilkan kadar minyak berlebih. Perubahan tersebut biasa terjadi ketika menstruasi atau hamil. Untuk mengendalikannya, Anda dapat mengonsumsi makanan bergizi dan tetap menjaga kebersihan kulit wajah. Mencegah tentu lebih mudah dibanding harus bingung-bingung dengan cara ampuh menghilangkan bekas jerawat.

  • Faktor Kebersihan Wajah

Kotoran dan debu yang menempel pada wajah dapat menyumbat pori-pori. Demikian pula dengan sisa riasan wajah yang tidak dibersihkan secara total. Kondisi kulit wajah yang tidak bersih hanya akan membuat bakteri betah dan bersarang dan pada akhirnya menimbulkan jerawat.

  • Makanan Berminyak

Makanan berminyak dan berkolesterol diketahui dapat meningkatkan produksi minyak kulit. Sehingga secara tidak langsung juga memicu munculnya jerawat membandel. Hindari jenis makanan ini bila Anda tidak ingin bermasalah dengan kulit berjerawat. Menghindari makan penyebab sekiranya juga bisa menjadi cara merawat wajah yang ampuh agar tidak berjerawat.

  • Stress

Kondisi tubuh dan pikiran yang stress dapat mempengaruhi kondisi hormon. Sementara perubahan hormon seperti hormon progesteron pada wanita diketahui dapat memicu jerawat. Karenanya kendalikan stress agar kondisi hormon tetap stabil.

Selain faktor penyebab di atas, sebenarnya masih banyak faktor lain yang sebaiknya Anda hindari. Adapun kebanyakan memang disebabkan karena kebiasaan yang keliru. Sebut saja seperti penggunaan alat make up yang kotor, kebiasaan memencet komedo dengan tangan, jarang keramas, tidak membersihkan riasan sebelum tidur seperti bedak pemutih dan sebagainya. Hindari faktor penyebab agar terhindar dari masalah kulit berjerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat

Ketika kulit berjerawat sudah menyerang, maka mau tidak mau upaya mengobati perlu dilakukan. Karena jerawat tidak hanya mengganggu penampilan saja. Lebih dari itu. Keberadaannya di kulit tidak jarang memicu rasa sakit, perih, hingga iritasi. Jerawat yang semula “jinak” bisa meradang kemudian menjamur memenuhi area wajah atau lainnya. Adapun berikut 7 cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda coba lakukan:

  1. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Teratur membersihkan wajah menjadi keharusan bila Anda tidak ingin berjerawat. Karena kebiasaan sehat ini dapat mengurangi dan sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat. Membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih yang cocok selanjutnya juga ampuh menjauhkan kulit dari masalah lain seperti komedo dan kulit senantiasa terlihat lebih segar.

  1. Tidak Memecah Jerawat

Melihat kulit wajah berjerawat diakui membuat tangan gatal untuk memencet atau malah memecahkannya. Namun, kebiasaan itu tidak sebaiknya Anda lakukan. Karena kebiasaan tersebut hanya akan membuat kondisi lebih parah dan meninggalkan bekas luka. Dalam upaya atau cara menghilangkan jerawat batu hal ini sebaiknya juga dihindari.

  1. Memiliki Waktu Tidur Cukup

Sekilas disebutkan di atas salah satu faktor penyebab kulit berjerawat adalah stress yang dialami. Karenanya dapatkan waktu tidur cukup dan berkualitas. Hal ini agar kulit Anda bisa beristirahat dan metabolisme pun berjalan lancar. Saat tidur bisa pula memoleskan cream pemutih wajah atau produk lain yang cocok seperlu merawat kulit wajah agar tetap sehat.

  1. Mengobati Jerawat Secara Alami

Obat untuk menghilangkan jerawat dengan komposisi bahan alami tentunya lebih direkomendasikan. Hal ini karena minimnya efek samping dari penggunaan terlebih bila dibandingkan dengan penggunaan obat berbahan kimia. Lantas bahan-bahan alami apa saja yang dapat digunakan sebagai obat kulit berjerawat? Berikut beberapa diantaranya:

  • Lidah Buaya

Lidah buaya bisa Anda manfaatkan untuk mengobati kulit berjerawat. Terutama bagian gel alaminya. Potong batang lidah buaya lalu ambil gelnya. Gunakan gel tersebut sebagai masker. Aplikasikan pada area kulit berjerawat kurang lebih 15 menit atau sampai masker kering. Lanjutkan dengan bilas menggunakan air bersih. Perawatan rutin ini sudah terbukti efektif karena gel lidah buaya memang obat alami jerawat yang ampuh dan aman.

  • Jeruk Nipis

Tak hanya ampuh sebagai masker untuk memutihkan wajah saja, ternyata jeruk nipis juga ampuh mengobati kulit berjerawat. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan memotong beberapa jeruk nipis lalu memeras sarinya. Aplikasikan sari jeruk nipis sebagai masker alami pada kulit berjerawat. Diamkan sampai kering. Mungkin di awal penggunaan akan terasa perih, namun hal tersebut wajar sebagai efek dari kandungan sari jeruk nipis yang berperan menghilangkan rasa gatal. Selebihnya diketahui pula bahan alami ini juga efektif menyamarkan bekas luka jerawat dan pemutih wajah.

  • Mentimun

Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya menggunakan mentimun. Diketahui mentimun adalah sayuran yang kaya air. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin B, C, zat besi, dan lainnya. Kandungan mentimun tersebut diketahui baik bagi kesehatan kulit. Mentimun bisa diblender atau diparut untuk dibuat masker. Selanjutnya masker dapat dioles pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan masker bekerja selama 30 menit atau sampai kering. Lanjutkan dengan bilas air bersih.

  1. Mengatur Pola Makan Sehat

Mengatur pola makan sehat bisa dibilang upaya pengobatan dari dalam. Sejumlah perawatan membersihkan wajah dan menggunakan masker adalah cara mengobati jerawat dari luar. Upaya tersebut sekiranya belum memberi hasil maksimal bila tidak didukung dengan pengobatan dari dalam. Memang benar jerawat merupakan masalah pada kulit yang terjadi di luar tubuh. Namun, mengingat jerawat dapat disebabkan dari makanan yang dikonsumsi artinya setiap menu yang dipilih pun sebaiknya makanan sehat. Karena setiap makanan yang dimakan juga berpengaruh pada kesehatan kulit dan bahkan kesehatan tubuh secara umum. Agar terhindar dari jerawat hindari makanan berlemak, mengandung kafein, berminyak, dan makanan cepat saji.

  1. Olahraga Rutin

Rajin berolahraga diketahui memiliki dampak positif menekan risiko stress dan menyeimbangkan hormon yang diketahui menjadi faktor penyebab jerawat. Karenanya olahraga rutin sebaiknya dilakukan sebagai upaya cara mengatasi jerawat dari dalam. Setelah berolahraga mandi air hangat seperlu menyapu keringat dan minyak yang memicu kulit berjerawat.

  1. Berkonsultasi dengan Dokter

Jerawat yang terlambat mendapat pengobatan tepat dapat menyebabkan timbulnya jaringan parut. Saat kondisi tersebut terjadi, jangan tunda untuk menemui dokter. Dokter ahli akan membuat resep obat atau cream wajah yang bagus berdasar kondisi pasien. Bukan hanya resep kulit berjerawat, dokter ahli pastinya memberi cream pemutih wajah racikan dokter atau resep lain sesuai kebutuhan. Tentu perlu ada tindakan kooperatif dimana resep obat yang diberikan digunakan sesuai aturan pakai. Hal ini penting agar obat yang diberikan memberi hasil optimal.

Sejumlah bahan alami di atas dapat Anda gunakan untuk mengobati kulit berjerawat. Perawatan menggunakan bahan alami diyakini dapat memberi hasil efektif dan lebih awet. Hanya saja memang dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam pengaplikasian cara menghilangkan jerawat ini. Pasalnya bahan-bahan alami di atas tidak menjanjikan hasil instan. Jadi jangan cepat putus asa dan tetap lakukan pengobatan secara rutin.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Tidak jarang setelah jerawat hilang terlihat bekas luka yang tertinggal. Bekas luka itu pun diakui tidak kalah menyebalkan. Bekas itu sendiri dapat berupa benjolan atau malah bopeng berwarna hitam. Sehingga keberadaannya memang dapat membuat penampilan menjadi kurang prima. Bila demikian adanya, apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara ngilangin bekas jerawat yang membandel? Berikut diantaranya:

  1. Perawatan Masker Bengkoang

Banyak produk kecantikan dibuat dengan bengkoang sebagai bahan utama. Hal ini karena buah bengkoang diketahui bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Baik kulit wajah, tangan, atau kaki. Siapa sangka bila bengkoang ternyata juga memiliki manfaat lain termasuk menghilangkan bekas jerawat. Dalam hal ini Anda hanya perlu menyediakan 1 buah bengkoang segar. Kupas kulitnya lalu parut. Aplikasikan parutan bengkoang pada kulit wajah dimana terdapat bekas jerawatnya. Diamkan maker kurang lebih 20 menit atau sampai masker kering. Terakhir bilas air bersih dan pastikan tidak ada sisa masker yang menempel.

  1. Perawatan Lemon

Lemon diketahui dapat mempercepat produksi kolagen pada kulit. Kolagen itu sendiri berperan merangsang produksi sel kulit baru. Sebelumnya diketahui lemon berkhasiat sebagai cream pemutih badan. Selebihnya ternyata lemon juga dapat menghilangkan bekas yang ditinggalkan kulit berjerawat. Dalam hal ini Anda hanya perlu menyiapkan buah lemon segar. Tekan-tekan buah lemon supaya cairan lebih mudah keluar saat diperas. Potong lemon menjadi dua bagian, kemudian peras untuk mendapat sarinya. Aplikasikan sari lemon pada area wajah dengan bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air dingin. Perawatan menggunakan sari lemon ini baik dilakukan rutin sekali dalam sehari agar cara menghilangkan bekas jerawat memberi hasil optimal.

  1. Perawatan Kulit Jeruk

Kulit jeruk biasanya hanya dibuang begitu saja. Namun, bagi Anda yang ingin mencoba menghilangkan noda bekas jerawat sebaiknya simpan kulit jeruk yang dimiliki. Pasalnya dalam kulit jeruk diketahui terdapat asam aplha hidroksi dan kadar vitamin C cukup tinggi. Kandungan itulah yang bermanfaat membersihkan pori-pori kulit karena tersumbat kotoran, debu, atau sisa make up. Kandungan kulit jeruk tersebut juga mengoptimalkan pengangkatan sel kulit mati dan efektif pula sebagai bahan pemutih wajah pria. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda hanya perlu mengeringkan kulit jeruk di bawah panas matahari sampai benar-benar kering. Haluskan agar menjadi bubuk. Tambahkan air sampai adonan menjadi pasta. Aplikasikan sebagai masker pada area munculnya bekas jerawat. Terakhir bilas bersih menggunakan air hangat.

  1. Masker Madu

Madu menjadi salah satu bahan alami yang berkhasiat tinggi menghilangkan jerawat dan bekasnya. Hal ini karena adanya efek antiseptik yang dimiliki madu. Apa yang harus Anda lakukan hanyalah menyiapkan beberapa tetes madu murni. Kemudian oleskan secara merata pada noda bekas jerawat. Diamkan agar khasiatnya bekerja selama 15 menit. Setelah masker madu mengering bilas menggunakan air dingin. Perawatan ini baik dilakukan rutin 3 kali seminggu. Masker madu sendiri cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Bahan alami ini pun kerap menjadi bahan dasar dalam produk krim pemutih wajah yang bagus.

  1. Bawang Putih

Terdapat kandungan senyawa thiacremonon sulfur dalam bawang putih. Jenis senyawa tersebut diketahui membantu mengeringkan jeraawat. Selain itu, dalam bawang putih juga terdapat kandungan senywa allicin yang bersifat antiseptik seperlu menangkis bakteri penyebab jerawat. Manfaat bawang putih tersebut bisa Anda peroleh cukup dengan menghaluskan beberapa siung bawang putih. Oleskan pada bekas jerawat lalu diamkan sampai kering. Lanjutkan dengan bilas menggunakan air hangat. Dalam bawang putih yang dihaluskan Anda bisa menambahkan cuka sari apel untuk mendapat hasil lebih optimal.

  1. Es Batu

Cara membersihkan bekas jerawat selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan es batu. Es batu mempunyai efek menenangkan kulit sekaligus meredakan peradangan. Namun, pastikan air yang digunakan untuk membuat es batu steril. Bungkus es batu dalam kain bersih lalu gunakan untuk mengompres area dimana bekas jerawat mucul. Oles-oleskan beberapa detik dan dengan pengulangan. Perawatan sederhana ini bisa dilakukan sampao 3 kali sehari.

  1. Scrub Gula

Gula murni menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengikis sel-sel kulit mati. Tidak terkecuali bekas jerawat. Anda bisa membuat scrub gula dengan mencampur 1 sdm gula dan 1 sdt minyak zaitun. Gunakan campuran sebagai scrub untuk memijat area munculnya bekas jerawat. Lakukan kurang lebih 3-5 menit sembari memijat ringan. Bersihkan dengan bilas air hangat. Perawatan ini baik dilakukan rutin untuk mendapat hasil optimal. Perawatan ini pun sekiranya bermanfaat pula menghaluskan kulit wajah.

Advertisement

Penanganan jerawat secara tepat tentu dapat menekan risiko peradangan atau masalah kulit lebih gawat. Adapun pada ulasan kali ini penggunaan bahan alami dalam perawatan benar dianjurkan. Demikian pula dengan kebiasaan sehat. Hanya saja bila memang pada akhirnya kulit berjerawat menjadi semakin parah, libatkan dokter kepercayaan untuk menangani masalah Anda. Berkonsultasi dengan dokter Anda untuk tiap masalah kesehatan yang dirasakan. Hal ini agar Anda mendapat resep obat jerawat yang tepat. Sekian ulasan 7+7 cara mengusir jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat secara cepat kali ini, semoga bermanfaat.

Terms: apakah jerawat meradang bisa menggunakan maskerapa yang harus dilakukan jika jerawat parah meradangapakah cream apel bisa untuk menyembuhkan jerawat meradangcara menghilangkan bekas jerawat meradangcara mengobati jerawat yang udah terlanjur meradangcrim hilangin bekas jerawat meradangmanfaat madu asli untuk jerawat yang memerah atau meradang dan bekas jerawatmanfaat mentimun untuk jerawat meradang dan bekasnyayang harus dilakukan saat jerawat meradang