Awas! Jangan Terkecoh Produk Pemutih Wajah

Keinginan untuk memiliki kulit wajah yang putih dan berseri dari sebagian besar wanita kadang akan dimanfaatkan oknum tertentu guna memproduksi dan menjual produk-produk pemutih wajah yang berbahaya. Alih-alih dapat memutihkan, produk ini justru dapat merusak kulit dan semakin menggelapkan warna kulit apabila pemakaian dihentikan. Walau sudah dinyatakan berbahaya oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM, nyatanya produk-produk semacam ini masih bisa ditemukan dengan bebas di pasaran. Hal ini tentu tidak lepas dari peran para konsumen yang mungkin belum mengetahui bahaya yang mengintai dari produk-produk tersebut serta cara membedakan produk asli dengan produk tiruan.

Advertisement


Agar terhindar dari pemutih wajah berbahaya ini, pertama kita harus memilih tempat membeli produk perawatan yang tepat. Belilah di distributor resmi sehingga kita akan mendapat produk yang asli. Selain itu, perhatikan juga apakah produk tersebut memiliki nomor registrasi BPOM atau tidak. Nomor registrasi menjadi tanda bahwa produk tersebut dinyatakan aman oleh BPOM. Apabila produk berasal dari luar negeri, pastikan terdapat nomor registrasi FDA yang menjadi bukti bahwa produk tersebut aman untuk digunakan. Saat membeli, perhatikan apakah segelnya masih dalam keadaan tertutup rapat atau tidak. Segel yang masih bagus menandakan isi di dalamnya terjamin dan tidak dalam keadaan rusak.

Selain itu, jangan pernah tergiur harga murah. Seringkali produk pemutih wajah abal-abal ini akan dijual dalam satu paket berisi cream malam, cream pagi, pembersih wajah serta tonik dengan harga di bawah seratus ribu rupiah. Harga pasti menentukan kualitas, sehingga harga yang rendah patut untuk dicurigai apakah benar akan memberikan efek seperti yang dijanjikan atau justru memberi efek samping berbahaya. Apabila kita terlanjur membeli, coba lihat dan pegang tekstur krim pemutih tersebut. Tekstur yang lengket menandakan di dalamnya terdapat kandungan mercury serta hidroquinon, bahan pemutih kulit wajah yang terbukti berbahaya. Dengan memperhatikan tips untuk membedakan krim asli dan krim palsu serta bahayanya menggunakan produk pemutih abal-abal, diharapkan tidak ada lagi orang yang tertipu dengan aneka produk pemutih seperti ini. Semoga informasi ini membantu.

Advertisement


Previous Post Next Post

You Might Also Like