Beberapa Cara Alami Tradisional Untuk Mencegah Jerawat

Ada beberapa cara mencegah jerawat yang dapat dilakukan oleh siapapun yang ingin terhindar atau mencegah perkembangan jerawat yang semakin parah. Dengan perawatan yang tepat dan pencegahan yang efektif; masalah jerawat dapat diatasi agar tidak lagi mengganggu penampilan seseorang. Berikut ini beberapa cara tradisional yang dapat dilakukan untuk mencegah timbul dan berkembangnya jerawat.

Advertisement


  1. Mencegah Jerawat Dengan Menggunakan Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang banyak digunakan dalam perawatan ataupun pengobatan tradisional. Ada banyak manfaat alami yang dapat diperoleh dari cairan manis produksi lebah tersebut. Madu diketahui memiliki banyak manfaat serta khasiat bagi kesehatan tubuh; salah satunya adalah kemampuan mencegah dan mematikan perkembangan bakteri. Efek dari khasiat tersebut membuat madu dapat digunakan untuk mencegah timbulnya infeksi yang akan memicu peradangan dan kemunculan jerawat di permukaan kulit.

Adapun cara mencegah jerawat dengan menggunakan madu dapat dilakukan dengan menyiapkan beberapa bahan berupa madu alami, kapas untuk mengoleskan madu serta air untuk proses membersihkan sisa madu yang digunakan untuk perawatan.

Oleskan madu pada bagian wajah dan kulit yang berjerawat dengan menggunakan kapas bersih. Biarkan madu menempel pada permukaan kulit selama kurang lebih 30 menit. Bersihkan kulit wajah dan bagian lain yang diolesi madu dengan menggunahan air bersih. Proses membersihkan kulit dari sisa madu yang menempel juga dapat dilakukan dengan bantuan kapas bersih yang telah dibasahi. Lakukan penggunaan masker madu ini secara rutin sebagai bagian dari pencegahan munculnya jerawat.

  1. Mencegah Jerawat Dengan Menggunakan Buah Lemon

Buah lemon merupakan sejenis buah jeruk yang memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi. Kandungan vitamin C tersebut menjadi salah satu alasan mengapa buah jeruk jenis ini cocok untuk digunakan sebagai pilihan mencegah jerawat. Selain untuk mencegah jerawat; cairan dari jeruk lemon juga dapat membantu proses penyembuhan jerawat berkat efek mengecilkan dan mengeringkan jerawat dengan cepat. Efek dari keasaman yang dimiliki cairan jeruk lemon dan vitamin C yang ada di dalamnya ditengarai sebagai manfaat terbesar bagi pencegahan dan penyembuhan jerawat. Satu hal penting yang wajib diperhatikan adalah penggunaan jeruk lemon untuk mencegah dan mengobati jerawat ini biasanya tidak cocok bagi kulit yang sensitif karena efek keasaman yang dimiliki cairan jeruk lemon. Waktu terbaik untuk melakukan perawatan dengan buah lemon adalah pada malam hari menjelang tidur.

Adapun cara mencegah jerawat dengan menggunakan jeruk lemon dapat dilakukan dengan menyiapkan 1 atau 2 buah jeruk lemon, kapas bersih, air serta wadah untuk menampung perasan buah lemon. Proses perawatan kulit untuk mencegah jerawat dimulai dengan memeras 1 hingga 2 buah jeruk lemon untuk mendapatkan cairan yang dikandung oleh buah tersebut. Peras hingga cairan habis dan kumpulkan hasil perasan pada wadah yang cukup lebar. Gunakan kapas untuk mengoleskan air perasan lemon ke bagian wajah dan kulit yang mengalami masalah jerawat. Biarkan cairan lemon hingga mengering dan bersihkan kulit wajah serta bagian lain dengan menggunakan air bersih sebelum berangkat tidur.

  1. Mencegah Dan Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih

Ada cara sederhana dengan bahan mudah didapat yang juga dapat dilakukan untuk mencegah serta mengobati jerawat yang telah muncul. Bawang putih ternyata memiliki manfaat khusus untuk merawat kulit yang berjerawat. Bahan tersebut sangat mudah didapat; bahkan setiap rumah sepertinya memiliki stok bawang putih yang lazim digunakan sebagai bumbu untuk memasak. Bawang putih memiliki kandungan zat – zat unik yang memiliki manfaat sebagai antiseptik, antibakteri serta antioksidan alami. Kandungan sulfur dalam bawang putih juga membuat bahan ini cocok untuk digunakan merawat dan menyembuhkan kulit yang berjerawat.

Cara mencegah jerawat ataupun mengobati jerawat dengan menggunakan bawang putih terbilang sangat mudah dilakukan. Cukup siapkan 1 siung bawang putih dan potong menjadi 2 untuk kemudian digosokkan ke bagian kulit wajah atau bagian kulit yang berjerawat hingga merata. Jika cairan yang keluar dari potongan bawang putih tinggal sedikit; bawang putih tersebut dapat kembali dipotong tipis untuk memperoleh permukaan potongan baru yang kemudian digosokkan kembali ke kulit yang dirawat. Biarkan cairan dari bawang putih menempel pada wajah selama kurang lebih 10 menit. Kemudian cuci dan bersihkan wajah serta kulit yang berjerawat dengan menggunakan air bersih. Lakukan proses perawatan ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan efek pencegahan jerawat yang terbaik.

  1. Mencegah Jerawat Dengan Memanfaatkan Buah Tomat

Tomat merupakan bahan alami lain yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit agar terbebas dari masalah jerawat. Tomat memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi serta mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Sifat asam dari cairan buah tomat juga menjadi alasan lain mengapa buah berwarna merah oranye ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah kemunculan jerawat maupun mempercepat proses keringnya jerawat yang muncul di permukaan kulit.

Metode atau cara mencegah jerawat dengan memanfaatkan buah tomat sangatlah sedernana. Siapkan 1 buah tomat yang telah matang dengan ditandai warna kemerahan. Potong buah tomat tipis – tipis dan gunakan potongan tipis buah tomat tersebut sebagai masker wajah. Diamkan hingga kurang lebih 15 menit sebelum dilepas dan dibersihkan dengan menggunakan air bersih. Lakukan proses perawatan tersebut secara teratur setiap hari guna mencegah jerawat datang dan mempercepat proses penyembuhan jerawat yang muncul.

Advertisement


Previous Post Next Post

You Might Also Like