Beberapa Tips Sederhana Dan Cara Mencegah Jerawat

Penampilan merupakan salah satu hal yang patut mendapat perhatian bagi siapapun; terutama bagi mereka dengan profesi yang menuntut penampilan menarik. Bahkan bagi mereka yang tidak dituntut memiliki penampilan menarik; memiliki wajah yang bersih dapat menjadi nilai lebih. Masalah kulit wajah memang menjadi salah satu masalah yang lazim dialami oleh siapapun. Padahal wajah merupakan bagian dari tubuh yang sangat berpengaruh pada keseluruhan penampilan seseorang. Kemunculan jerawat dapat menjadi masalah serius mengingat adanya jerawat di wajah dapat mengurangi nilai estetik penampilan dan jika tidak ditangani secara serius dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan kondisi kulit wajah. Mengetahui cara mencegah jerawat dapat menjadi pengetahuan yang sangat penting bagi siapapun; mengingat mencegah masalah kesehatan atau penyakit selalu lebih baik daripada mengobati. Di samping itu; jerawat selalu memberi resiko kerusakan pada kulit dimana jerawat tersebut muncul. Mencegah kemunculan jerawat juga berarti mencegah resiko mengalami kerusakan kulit yang diakibatkan bekas dari kemunculan jerawat.

Advertisement


Mengenal Apa Itu Jerawat

Mengetahui apa dan bagaimana jerawat tumbuh merupakan dasar pengetahuan dari cara mencegah jerawat muncul di kulit. Ada beberapa hal spesifik lain yang juga patut diketahui seperti jenis kulit tertentu yang rentan mengalami masalah jerawat hingga rentang usia dimana kemunculan jerawat menjadi hal yang lazim. Jerawat merupakan bentuk peradangan pada permukaan kulit yang disebabkan oleh tersumbatnya pori – pori kulit. Biasanya jerawat muncul sebagai benjolan di permukaan kulit yang disertai dengan perubahan warna kulit menjadi memerah dengan disertai kemunculan kantung nanah pada bejolan jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat lazim dan memiliki jumlah penderita sangat besar di dunia. Bahkan setiap orang di dunia sepertinya tidak akan sepenuhnya bebas dari masalah jerawat; terutama di masa pubertas ketika memasuki umur belasan. Ada beberapa penyebab kemunculan jerawat; namun jerawat paling sering terjadi karena dipicu perubahan hormonal yang merangsang produksi kelenjar minyak yang berlebih pada permukaan kulit. Pengetahuan dasar dan informasi tersebut akan menjadi dasar dari berbagai metode atau cara mencegah jerawat yang dapat dilakukan agar terhindar dari masalah kulit tersebut.

Ketika kulit kotor dan menyebabkan tersumbatnya pori – pori kulit dan ditambah dengan infeksi bakteri; maka minyak tersumbat yang dihasilkan kelenjar minyak di kulit tersebutlah yang kemudian memicu kemunculan jerawat. Karena alasan itulah usia belasan atau masa pubertas menjadi masa yang lazim bagi seseorang untuk mengalami masalah jerawat. Hal ini disebabkan perubahan hormonal terjadi akibat seseorang mulai memasuki usia dewasa. Demikian pula seseorang dengan tipe kulit berminyak akan memiliki resiko lebih besar untuk mengalami masalah jerawat. Mencegah produksi minyak berlebih dan menjaga kebersihan kulit merupakan bagian mendasar dari cara mencegah jerawat yang dapat dilakukan oleh siapapun.

Mengenali Beberapa Pemicu Kemunculan Jerawat

Ada beberapa penyebab yang lazim pada perubahan hormonal yang memcu meningkatnya produksi minyak pada kelenjar minyak seseorang. Usia pubertas yang merupakan masa transisi dari usia anak – anak ke dewasa merupakan salah satunya. Hormon pertumbuhan dan ketidakseimbangan hormon – hormon yang memicu kemunculan tanda sekunder seksual serta hormon yang mempengaruhi kematangan organ reproduksi ditengarai sebagai pemicu meningkatnya produksi minyak. Pada wanita; konsisi menstruasi serta kehamilan juga lazim memicu timbulnya jerawat karena memang terjadi perubahan keseimbangan hormon pada masa – masa tersebut. Alat atau metode kontrasepsi juga dapat berdampak pada keseimbangan hormon yang pada akhirnya memicu kemunculan jerawat. Stres juga ditengarai dapat berdampak pada keseimbangan hormonal yang pada akhirnya meningkatkan aktivitas kelenjar minyak dan memicu terjadinya jerawat.

Kebersihan kulit juga menjadi hal lain yang dapat memicu kemunculan jerawat. Faktor bakteri yang tumbuh akibat kebersihan kulit yang kurang terjaga dapat menyebabkan serangan jerawat yang serius. Salah satu cara mencegah jerawat yang paling mendasar adalah menjaga kebersihan. Kulit mati dan kotoran di permukaan kulit dapat menjadi awal tersumbatnya pori – pori kulit yang menyebabkan minyak tidak dapat keluar dan memicu peradangan jerawat. Penggunaan kosmetik di permukaan kulit terutama wajah juga dapat menjadi pemicu munculnya jerawat. Bedak wajah dapat menyumbat pori – pori kulit dengan sangat mudah. Demikian pula jenis kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit wajah dapat memicu reaksi alergi dan berdampak pada meningkatnya sensitivitas dan produksi kelenjar minyak. Beberapa benda seperti telepon genggam, kacamata, helm hingga masker wajah juga dapat menjadi media menempelnya kotoran dan juga bakteri pada permukaan kulit. Konsumsi obat – obatan jenis kortikosteroid yang memicu turunnya daya tahan tubuh juga ditengarai dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Advertisement


Previous Post Next Post

You Might Also Like