Cara Memilih Krim Pemutih Wajah yang Aman

Krim pemutih wajah adalah salah satu produk perawatan kulit yang harus dimiliki oleh para wanita. Namun sayangnya, tidak semua krim pemutih yang dijual di pasaran itu aman dipakai. Sebagai wanita cerdas, anda jangan mudah tergoda dengan iming-iming bahwa krim pemutih yang ditawarkan dapat memutihkan dalam waktu satu minggu. Krim seperti ini mungkin saja mengandung bahan berbahaya. Apalagi jika produk tersebut tidak memiliki ijin edar. Jika anda hendak membeli krim pemutih wajah, simak dulu tips memilih krim pemutih wajah yang aman berikut ini.

Advertisement


Memiliki ijin edar

Krim pemutih wajah yang anda beli haruslah memiliki ijin edar dari BPOM. Dengan begitu, anda dapat sedikit yakin bahwa BPOM telah mengujinya dan krim tersebut aman untuk digunakan. Selain itu, ada baiknya anda memilih yang berlabel ‘clinically proven’.

Teliti isi kandungan lrim pemutih wajah

Ada beberapa zat berbahaya yang tidak boleh digunakan pada krim pemutih wajah. Beberapa diantaranya adalah merkuri, hidroquinon, retin-A/ asam retinoat/ tetrinoin, dan rhodamin B. Zat berbahaya tersebut dapat memberikan efek yang berbeda-beda.

Merkuri dapat menyebabkan bintik hitam, kerusakan kulit, menganggu perkembangan janin, dan merusak system syaraf. Sedangkan hidroquinon dapat memeberi efek buruk berupa iritasi kulit dan melepuh. Pada tingkat yang parah, zat ini dapat menyebabkan penyakit vitiligo dan okronosis. Retin-A biasanya ditemukan pada pengobatan topikal jerawat. Namun obat ini hanya boleh diresepkan oleh dokter. Jika dipakai sembarangan, zat ini dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin dan iritasi kulit. Sedangkan efek samping dari penggunaan Rhodamin B adalah iritasi kulit dan kerusakan hati.

Mengenali produk pemutih wajah yang tidak aman

Produsen krim pemutih wajah yang nakal biasanya tidak akan menuliskan kandungan zat berbahaya pada kemasan produk mereka. Namun, anda tak perlu khawatir. Anda dapat mengenalinya dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan memeriksa tekstur krim. Jika teksturnya tidak menyatu atau ada endapannya, maka krim tersebut kemungkinan besar memakai bahan berbahaya. Jika anda terlihat lebih putih setelah seminggu penggunaan, sebaiknya jangan diteruskan. Nah sekarang anda dapat memilih krim pemutih wajah yang amandengan lebih mudah.

Terms: cara pilih krim wajah selamat

Advertisement


Previous Post Next Post

You Might Also Like