Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Mudah

Sebelum membahas cara menghilangkan bekas jerawat, ada baiknya mengenal apa itu jerawat dan penyebabnya. Jerawat merupakan kondisi di mana pori-pori pada kulit mengalami penyumbatan dan menyebabkan timbulnya kantung nanah meradang. Jerawat sendiri termasuk gangguan pada kulit dengan jumlah penderita yang cukup besar, terutama pada remaja dan dewasa. Jerawat umumnya terdapat pada wajah, walau pada beberapa kasus ditemukan pula jerawat pada punggung. Jerawat terutama dapat sangat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri karena wajah tampak tidak sempurna dan terdapat bintik-bintik kecil berwarna kemerahan. Penyebab yang paling umum dari jerawat adalah terjadinya perubahan hormonal di mana dapat merangsang pertumbuhan kelenjar minyak pada kulit. Beberapa hal yang dapat menyebabkan jerawat akan dijelaskan di bawah ini. Pertama, produksi minyak yang berlebihan pada kulit. Minyak yang berlebihan akan dapat menyumbat saluran folikel rambut serta pori-pori kulit. Penyebab dari jerawat yang paling sering ditemukan ialah hormon serta adanya tumpukan sebum atau minyak pada kulit yang berkolaborasi dengan bakteri. Selain produksi minyak berlebih, jerawat juga dapat disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang bercampur dengan kelenjar minyak. Keadaan ini akan menyebabkan kulit menjadi tebal serta lengket dan akhirnya menyumbat pori-pori kulit.

Advertisement

bakteri jerawatPenyebab berikutnya dari jerawat adalah bakteri bernama p.acne yang dapat berkembang biak serta menghasilkan zat yang akan menyebabkan iritasi. Kelenjar dapat membengkak serta kemungkinan juga akan pecah sehingga akan menyebarkan radang menuju kulit di sekitarnya. Hal ini biasanya akan menyebabkan jerawat batu, yaitu jenis jerawat yang bisa meninggalkan bekas pada kulit seperti bekas cacar. Kosmetik juga dapat menyebabkan jerawat, terutama kosmetik yang di dalamnya terkandung banyak minyak. Penggunaan bedak yang turut mengandung foundation juga dapat mengakibatkan jerawat karena bubuk bedak dapat dengan mudah menyebabkan pori-pori tersumbat. Konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan jerawat, terutama obat kortikosteroid baik yang beruba obat topica atau obat oles serta obat oral atau obat minum. Obat-obatan ini akan sangat mungkin menyebaban penurunan daya tahan tubuh serta mengakibatkan potensi munculnya jerawat. Penggunaan telepon genggam juga sangat mungkin menyebabkan jerawat karena permukaan telepon genggam sangat rawan sebagai tempat berkembangnya bakteri. Rutin bersihkan permukaan telepon genggam menggunakan alkohol serta usahakan untuk tidak menempelkan ponsel pada pipi saat menelepon.

cara menghilangkan bekas jerawat photoPenyebab lain dari munculnya jerawat adalah stress. Terdapat jenis hormon tertentu yang dilepaskan saat seseorang menderita stress dan sangat mungkin memicu munculnya jerawat. Selain itu, seseorang yang sedang stress juga bisa makan banyak sebagai pelampiasan, terutama makanan yang berminyak serta berlemak sehingga mengundang jerawat. Setelah mengetahui beberapa penyebab munculnya jerawat, kita juga harus mengetahui jenis-jenis jerawat yang biasa diderita. Hal ini penting untuk diketahui agar kita bisa menerapkan penanganan yang sesuai. Pertama ada komedo. Komedo sendiri merupakan pori-pori tersumbat yang bisa terbuka dan bisa juga tertutup. Komedo terbuka disebut blackhead sementara komedo tertutup disebut whitehead. Komedo banyak disebabkan oleh sel kulit mati serta sekresi dari kelenjar minyak berlebihan di kulit. Kedua ada jenis jerawat biasa yang umum ditemukan dengan ciri tonjolan kecil warna kemerahan. Jerawat biasa ini terjadi karena tersumbatnya pori-pori oleh bakteri p.acne. Bakteri ini juga dapat hidup tanpa menggunakan oksigen serta dapat menimbulkan iritasi di daerah kulit sekitarnya. Bakteri dapat menginfeksi dari jari tangan, telepon, kuas make up serta waslap.

jerawat batuJenis jerawat yang ketiga adalah jerawat batu. Jerawat jenis ini disebut juga sebagai Cystic acne. Cirinya adalah ukurannya besar, meradang hebat serta berkumpul hampir di seluruh permukaan kulit muka. Penderita biasanya memiliki riwayat jerawat batu di keluarganya. Penderita umumnya akan memiliki kelenjar minyak over aktif sehingga membanjiri pori-pori, pertumbuhan sel tidak normal serta tidak dapat beregenerasi secepat biasanya dan juga memiliki respon berlebihan terhadap peradangan. Hal ini akan menyebabkan penderita jerawat batu memiliki bekas yang tertinggal di kulit. Bekas jerawat dapat berupa bintik cokelat hingga bopeng atau kulit yang berlubang. Bagi sebagian orang tentu bekas jerawat merupakan mimpi buruk karena membuat penampilan tidak maksimal. Walaupun dapat ditutup dengan make up, namun menghilangkan bekas jerawat secara permanen tentu akan lebih bermanfaat. Terdapat beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara mudah dan aman menggunakan aneka bahan alami yang dapat kita coba. Menghilangkan bekas jerawat sendiri sebenarnya sama dengan memutihkan wajah, karena bekas jerawat yang warnanya menghitam akan dipudarkan sehingga warna kulit dapat merata.

lemon untuk menghilangkan bekas jerawatCara menghilangkan bekas jerawat tidak jauh berbeda dengan menghilangkan jerawat serta memutihkan wajah. Bahan-bahan alami, cara pengolahan dan penggunaannya kurang lebih sama. Yang pertama, kita bisa menggunakan buah lemon. Dalam buah ini terkandung vitamin C dalam jumlah tinggi yang dapat membantu memutihkan wajah serta merangsang pembentukan sel kulit baru. Siapkan lemon sebanyak satu buah kemudian tekan sedikit buah lemon tersebut agar cairan di dalamnya semakin mudah untuk keluar saat diperas. Potong lemon hingga menjadi dua lalu peras airnya. Oleskan cairan lemon ini pada area wajah yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih lima belas menit, bilas menggunakan air dingin lalu keringkan menggunakan handuk. Gunakan setiap hari untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelah memakai lemon karena lemon dapat membuat kulit menjadi kering. Selain lemon, kita juga bisa menghilangkan bekas jerawat menggunakan kulit jeruk. Di dalamnya terdapat vitamin C serta asam alpha hidroksi dalam jumlah yang cukup tinggi. Senyawa ini juga berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Penggunaan rutin akan membuat bekas jerawat memudar.

kulit jeruk untuk menghilangkan bekas jerawatCara menghilangkan bekas jerawat menggunakan kulit jeruk adalah pertama dengan mengeringkan kulit jeruk selama beberapa hari di bawah sinar matahari sampai kering. Haluskan hingga menjadi bubuk. Tambahkan air lalu aduk sampai menjadi pasta. Oleskan pada wajah yang memiliki bekas jerawat lalu diamkan beberapa menit. Bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Bahan lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah madu. Madu memang terkenal akan beragam manfaatnya mulai dari untuk kesehatan sampai dengan kecantikan. Madu bahkan dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat serta bekas jerawatnya sekaligus. Dalam madu terkandung antiseptik yang bisa mengurangi peradangan, melembabkan kulit serta cocok untuk kulit sensitif. Cara penggunaannya cukup mudah. Siapkan madu murni lalu oleskan pada noda hitam bekas jerawat pada wajah. Diamkan selama kurang lebih lima belas menit dan bilas menggunakan air dingin. Lakukan perawatan sebanyak tiga kali seminggu untuk hasil yang maksimal. Sebaiknya gunakan madu murni yang rasanya tawar, bukan yang ditambah gula atau perasa lain sehingga menyebabkan kandungan nutrisi alaminya berkurang.

es batu untuk menghilangkan bekas jerawatBahan lain yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah bekas jerawat adalah es batu. Bahan ini mudah didapat dan bahkan dibuat sendiri. Efek utama dari penggunaan es batu adalah menenangkan kulit serta mengurangi peradangan. Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan es batu adalah dengan memakai air steril dalam membuat es batu. Bungkus es batu menggunakan kain bersih, lalu oleskan pada noda hitam bekas jerawat. Ulangi proses ini pada area lainnya. Lakukan perawatan es batu ini hingga tiga kali dalam sehari. Selain menggunakan es batu, kita juga bisa memanfaatkan rendaman dari teh hijau guna dibuat es batu dan mengoleskannya di kulit. Teh hijau terutama memiliki manfaat dalam mengurangi peradangan di kulit secara lebih baik daripada air biasa. Bahan berikutnya yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat ialah cuka sari apel. Bahan ini dapat mengatur tingkat pH atau keasaman kulit serta mengurangi kulit kemerahan. Campurkan cuka sari apel sebanyak lima mililiter dengan air sebanyak sembilan puluh lima mililiter. Oleskan pada noda bekas jerawat dengan kapas. Tunggu selama sepuluh menit lalu bilas menggunakan air hangat.

lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawatLidah buaya menjadi bahan alami berikutnya yang bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Dalam lidah buaya terkandung aloesin, zat yang bisa menghambat pembentukan melanin pada kulit. Senyawa pada lidah buaya juga bisa merangsang tumbuhnya sel kulit baru serta memudarkan bekas jerawat. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya adalah dengan memotong lidah buaya menjadi dua lalu iris bagian berdurinya. Kupas bagian atas dari lidah buaya agar dapat memudahkan kita dalam mengambil gelnya. Setelah berhasil mendapat gel, letakkan di dalam wadah bersih. Haluskan gel dengan garpu, lalu oleskan pada wajah yang memiliki noda bekas jerawat. Diamkan selama lima belas menit dan bilas menggunakan air hangat. Gunakan dua kali dalam sehari selama satu bulan untuk mendapat hasil yang maksimal. Selain menggunakan lidah buaya, kita juga bisa memanfaatkan bawang putih. Dalam bawang putih terdapat senyawa thiacremonon sulfur yang bisa mengeringkan jerawat serta allicin yang memiliki sifat antiseptik sehingga dapat menangkal jerawat baru. Bawang putih juga dapat membersihkan kulit sehingga bekas jerawat dapat memudar. Cara penggunaannya juga termasuk mudah.

bawang putih untuk menghilangkan bekas jerawatAmbil beberapa siung bawang putih, haluskan lalu oleskan pada kulit wajah yang memiliki bekas jerawat. Diamkan beberapa menit kemudian bilas menggunakan air hangat. Bawang putih bisa dicampurkan dengan cuka sari apel agar mendapat hasil yang lebih maksimal. Cara menghilangkan bekas jerawat di wajah juga bisa menggunakan pepaya. Dalam pepaya terkandung enzim papain yang salah satu fungsinya adalah mengikis sel kulit mati. Pepaya juga memiliki kandungan antioksidan serta vitamin sehingga bisa mengatasi kulti yang kemerahan karena jerawat serta memudarkan noda hitam bekas jerawat. Bersihkan satu buah pepaya lalu potong hingga menjadi beberapa bagian buah. Haluskan dan oleskan pada wajah hingga merata. Diamkan selama lima belas menit kemudian bilas menggunakan air hangat. Namun, perlu diperhatika bahwa pepaya memiliki efek kuat untuk kulit. Setelah pemakaian masker pepaya selama lima belas menit, segera bersihkan masker pepaya agar tidak menimbulkan kemerahan di kulit. Kita juga bisa memanfaatkan scrub gula untuk mengatasi bekas jerawat. Gunakan gula murni dan campurkan gula sebanyak satu sendok makan beserta minyak zaitun sebanyak satu sendok teh. Oleskan di wajah lalu pijat lembut antara tiga hingga lima menit. Bilas menggunakan air hangat.

alplukat untuk cara menghilangkan bekas jerawatKita juga bisa memanfaatkan alpukat serta madu. Kandungan alpukat membuatnya mampu melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar matahari sementara madu dapat meningkatkan regenerasi kulit di samping mengurangi peradangan. Ambil daging alpukat secukupnya lalu masukkan ke dalam wadah dan haluskan. Campurkan madu dan oleskan sampai merata pada wajah. Diamkan selama lima belas menit dan bilas menggunakan air hangat. Lakukan perawatan menggunakan alpukat dan madu ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu minggu. Kita juga bisa menerapkan cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan baking soda. Baking soda terutama cocok untuk mengikis sel kulit mati di samping memudarkan bekas jerawat. Campurkan baking soda sebanyak satu sendok teh dengan air sebanyak satu sendok teh. Oleskan merata pada wajah sambil dipijat lembut selama kurang lebih dua menit. Bilas menggunakan air hangat. Selanjutnya, ketimun dapat pula kita gunakan untuk memudarkan bekas jerawat pada wajah. Ketimun mengandung astringen yang dapat mengurangi warna kemerahan di kulit. Dalam ketimun terdapat pula vitamin E yang berperan sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas.

ketimun untuk menghilangkan bekas jerawatCara menggunakan ketimun adalah dengan mengirisnya dan meletakkan irisannya langsung di wajah. Diamkan beberapa menit lalu bilas menggunakan air hangat. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkannya untuk dibuat masker. Haluskan ketimun dan campurkan dengan madu. Oleskan campuran pada noda hitam bekas jerawat lalu diamkan lima belas menit. Bilas menggunakan air hangat. Lakukan dua kali dalam sehari agar hasilnya semakin maksimal. Putih telur juga bisa menjadi bahan alami guna menghilangkan bekas jerawat karena di dalamnya terkandung protein serta asam amino yang bermanfaat guna mengencangkan pori kulit dan juga mempercepat proses regenerasi kulit. Ambil sebutir telur lalu ambil putih telurnya saja. Kocok hingga mengembang dan oleskan di wajah. Bilas menggunakan air hangat dan lakukan sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Cara menghilangkan bekas jerawat juga bisa menggunakan pasta gigi. Dalam pasta gigi terkandung triclosan, fluoride serta hidrogen peroksida di mana semuanya dapat digunakan untuk mencegah iritasi pada kulit, mengurangi peradangan, mengeringkan jerawat serta mengurangi bekas jerawat. Oleskan pasta gigi langsung di bekas jerawat dan bukan pada seluruh kulit wajah. Diamkan selama semalam atau dua jam saja cukup. Bilas menggunakan air dingin dan keringkan.

Advertisement

Minyak Daun Teh untuk menghilangkan bekas jerawatBahan alami selanjutnya untuk mengurangi bekas jerawat pada wajah adalah minyak dari pohon teh. Di dalam minyak ini terdapat zat terpenoid yang berfungsi utnuk mengusir bakteri yang menyebabkan jerawat. Perawatan bekas jerawat menggunakan minyak ini memiliki efek sama seperti perawatan dengan menggunakan zat benzoyl peroxide. Campurkan lima mililiter minyak dengan sembilan puluh lima mililiter air. Dengan menggunakan kapas, oleskan di area yang memiliki bekas jerawat. Lakukan hingga dua kali sehari. Perlu diperhatikan bahwa minyak ini berpotensi menimbulkan alergi. Tes terlebih dahulu dengan meneteskannya pada pergelangan tangan. Lihat reaksinya beberapa jam kemudian. Apabila tidak terjadi gatal atau kemerahan, maka minyak dapat digunakan untuk wajah. Agar serangkaian cara menghilangkan bekas jerawat di atas dapat berhasil dengan maksimal, ada beberapa hal yang sebaiknya kita ikuti. Pertama, jangan biarkan kulit terpapar sinar matahari terlalu sering. Jangan menggunakan air panas pada saat mencuci wajah serta rutinlah membersihkan wajah agar bebas dari sel kulit mati. Hindari pula aktivitas memencet jerawat karena justru dapat membuat bakteri penyebab jerawat meluas penyebarannya. Rutin pula konsumsi air putih dalam jumlah cukup agar kulit dapat terlihat lebih sehat serta segar. Demikian semoga informasi ini dapat berguna.

Terms: wallpaper model hijab