Advertisement


Cara Menghilangkan bekas Jerawat

bekas jerawat

Jerawat sudah berhasil diusir dari wajah anda namun bekasnya tidak juga hilang? Problema ini memang sangat umum bagi mereka yang kulitnya berjerawat. Bekas jerawat terkadang sangat bandel dan susah dihilangkan. Anda dapat menggunakan dua cara untuk menghilangkannya, yaitu dengan treatment kimiawi dan treatment alami.

Advertisement


Menghilangkan bekas jerawat dengan treatment kimiawi

Jika anda memilih treatment kimiawi untuk menghilangkan bekas jerawat anda, krim pemutih dapat menjadi alternative untuk anda. Namun, anda harus hati-hati dalam memilihnya. Tidak semua krim pemutih aman dan cocok untuk kulit anda. Pastikan krim tersebut tidak mengandung hydroquinone. Selain itu, pilihlah yang berbentuk gel. Beberapa zat yang harus ada pada gel pemutih tersebut adalah vitamin C, bearberry extract (arbutin), dan ekstrak jamur (kojic acid).

Jika bekas luka jerawat anda cukup dalam dan luas, anda mungkin memerlukan laser treatment. Treatment ini dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Sehingga, kulit anda akan semakin halus dan rata.

Menghilangkan bekas jerawat secara alami

Jika anda lebih suka untuk menghilangkan bekas jerawat secara aman, anda sebaiknya memilih treatment alami. Treatment ini biasanya mengharuskan anda untuk menggunakan masker berbahan alami secara rutin. Beberapa bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas ini adalah:

  • Madu

Kandungan di dalam madu dapat menghilangkan merah-merah maupun noda hitam akibat jerawat. Untuk menghilangkanya, oleskan madu alami pada wajah anda. Diamkan selama 15 menit agar nutrisinya terserap pada kulit. Setelah itu, bilas wajah anda dengan air dingin. Lakukan treatment ini 3 kali dalam 1 minggu.

  • lidah buaya

Lidah buaya mengandung zat yang dapat menghambat pembetukan noda hitam akibat jerawat. Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu kulit memproduksi sel kulit baru. Sehingga, wajah anda akan lebih bersih dan mulus. Untuk treatment ini, ambil daging lidah buaya kemudian blender hingga halus. Oleskan lidah buaya yang telah halus pada wajah diamkan selama 5 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat. Lakukan setiap 2 minggu sekali.

  • mentimun

Mentimun kaya akan antioksidan dan astringen. Antioksidant akan membantu kulit anda melawan polusi serta radikal bebas. Sednagkan astringent dapat mengurangi bekas kemerahan akibat jerawat. Untuk menggunakannya, iris mentimun tipis-tipis dan tempelkan wajah terutama pada bekas jerawat anda. Diamkan 20 hingga 30 menit, kemudian bilas wajah anda dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari.

You Might Also Like