Jenis Jerawat dan Penanganannya

Penanganan terhadap jerawat sangat tergantung dari jenis jerawat yang timbul. Jerawat adalah jenis masalah kesehatan kulit yang sering terjadi pada masa pubertas, masa PMS pada wanita, dan ada pula jerawat menahun yang sulit hilangnya. Normalnya jerawat biasa timbul pada saat pubertas karena perubahan hormon pada tubuh pada masa perubahan dari masa kanak-kanak ke remaja. Perubahan hormon ini diikuti dengan timbulnya jerawat, namun biasanya akan menghilang bertahap setelah hormon menjadi lebih stabil. Sementara jerawat yang muncul pada wanita biasanya terjadi pada masa pre menstrual syndrome, atau biasa dikenal PMS. Hormon yang tidak stabil dan emosi yang naik turun serta napsu makan yang berubah membuat jerawat mudah muncul.

Advertisement


jenis jerawatPada dasarnya jerawat muncul karena kotoran yang terjebak di pori – pori kulit dan tidak bisa dibersihkan hanya dengan air. Beberapa jenis jerawat dan cara penanganannnya adalah sebagai berikut:

  1. Jerawat karena kotoran dan infeksi bakteri

Ini adalah jenis jerawat yang paling sering kita dapat setelah seharianberada di tepat yang berdebu, panas, dan membuat wajah berminyak. Kotoran yang menumpuk di kulit waah masuk ke pori-pori kulit dan menyebabkan tersumbatnya pori. Selanjutnya infeksi bakteri membuat jerawat menjadi lebih parah. Cara menghilangkannya bisa dengan menutul-nutulkan es yang dibalut dengan kain lembut. Bisa juga dilakukan dengan putih telur digunakan sebagai masker. Madu dan tomat secara terpisah dapat pula dimanfaatkan untuk mengoleskan jerawat agar lekas sembuh.

  1. Jerawat Batu

Disebabkan oleh infeksi dari pertumbuhan sel yang tidak normal dan minyak berlebih. Jenis jerawat ini tampak sangat memerah pada wajah dan jerawat tampak seperti kerikil merah yang berada di bawah permukaan kulit. Cara paling sederhana untuk mengurangi akibat buruk pada kulit adalah dengan mencuci muka dengan berkala dan menghindari minyak berlebih pada wajah. Hindari juga terpapar di daerah yang berdebu dan panas terik. Setelah itu konsultasikan pada dokter kulit karena infeksi jenis ini harus ditangani dengan obat tertentu. Salah langkah dalam memilih obat kulit bagi jerawat batu bisa menyebabkan akibat yang lebih parah bahkan merusak kulit wajah.

Advertisement


Previous Post Next Post

You Might Also Like