Advertisement


Jerawat Meradang Kabur dengan Bumbu Dapur

Jerawat meradang merupakan jenis jerawat yang betah berlama-lama bertahan di kulit, terutama wajah. Tidak kunjung sembuhnya jerawat yang meradang terjadi karena dua hal yaitu karena penanganan yang salah dan kondisi hormonal yang tak kunjung seimbang. Penangan yang salah ini justru akan membuat kondisi jerawat pada kulit semakin parah. Kulit menjadi terinfeksi atau bahkan akan timbul nanah. Pada kondisi lain, hormon testosteron dalam tubuh tak kunjung seimbang sehingga menyebabkan produksi kelenjar minyak berlebih. Ketidakseimbangan hormon ini selain dapat terjadi karena kondisi alami dalam tubuh, juga dipengaruhi oleh konsumsi obat tertentu. Obat-obatan yang mengandung androgen, kortikosteroid, atau lithium akan meningkatkan risiko munculnya jerawat meradang ini.

Advertisement


Jerawat meradang memang susah ditangani, namun bukan berarti tidak dapat ditangani. Dibutuhkan penanganan yang tepat untuk menanganinya. Salah satu cara untuk menangani jerawat yang meradang ini yaitu dengan bumbu dapur. Bumbu dapur selain berguna untuk mengolah makanan agar menjadi lezat, juga di antaranya mampu mengatasi jerawat yang meradang. Beberapa bumbu dapur yang dapat mengatasi jerawat meradang yaitu bawang putih, garam, kunyit, jahe, dan tomat. Berikut tips mengatasi jerawat meradang tersebut dengan bumbu dapur tersebut.

Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai bahan yang mengandung antibakteri dan antiseptik. Bawang putih akan membersihkan bakteri pada kulit, utamanya kulit berjerawat meradang. Cara mengatasi jerawat meradang dengan bawang putih yaitu tumbuk halus 1-2 siung bawang putih. Tempelkan tumbukan ini pada area yang berjerawat. Diamkan 30 menit. Bilas.

Garam

Garam merupakan bumbu dapur yang kaya akan zat antibakteri. Cara mengatasi jerawat meradang dengan garam yaitu satu sendok makan garam larutkan dengan sedikit air garam. Oles dan gosokkan pada area berjerawat. Diamkan 30 menit. Bilas

Kunyit

Kunyit merupakan bahan antiradang. Cara mengatasi jerawat meradang dengan kunyit yaitu parut rimpang kunyit sebesar ibu jari hingga halus. Tempelkan parutan kunyit pada area yang berjerawat. Diamkan 10 menit. Bilas.

Jahe

Jahe mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi yang tinggi. Cara mengatasi jerawat meradang dengan jahe yaitu blender 3 ruas jahe dengan 1 gelas air matang. Saring dan minum.

Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan E. Kandungan ini baik bagi kulit, termasuk untuk mengatasi jerawat meradang. Cara mengatasi jerawat meradang dengan tomat yaitu potong tomat secara horizontal menjadi beberapa bagian. Gosok gosokkan irisan tomat ini pada area berjerawat. Diamkan 30 menit. Bilas.

Terms: jenis jerawat meradang

You Might Also Like