Home Lainnya Kelinci Berkembang Biak dengan Cara Apa?

Kelinci Berkembang Biak dengan Cara Apa?

Semua sudah tahu mengenai kelinci, tapi masih banyak yang keliru mengenai kelinci berkembang biak dengan cara apa dan bagaimana? Apakah sama cara berkembangbiak semua kelinci tersebut? Apakah ada jenis-jenis tertentu dengan metode reproduksi yang berbeda?

Yuk kita bahas di artikel ini!

Apakah kamu lagi mencari ketahui gimana metode tumbuh biak kelinci? Kelinci tumbuh biak dengan metode vivipar ataupun beranak. Biasanya, peternak kelinci mengembangbiakkan kelinci dengan tujuan selaku hewan peliharaan ataupun buat dijual.

Kamu pasti tentu tau kan, bila mau kelinci tumbuh biak pasti lewat proses pernikahan antara kelinci jantan serta betina. Hendak namun, tidak hingga disana ya sahabat. Buat memelihara kelinci mapun beternak kelinci butuh panduan yang benar.

Nah, kami disini tidak cuma membahas menimpa metode kelinci tumbuh biak, tetapi pula menarangkan secara pendek metode memelihara kelinci dengan benar supaya kelinci tumbuh biak dengan metode kilat.

Metode Pelihara Kelinci Supaya Tumbuh Biak Dengan Cepat

Menguasai metode memelihara kelinci denga baik serta benar ialah supaya kelinci peliharaan tidak gampang mati. ikuti penjelasannya dibawah ini;

Mempersiapkan Kandang Kelinci

Ya, perihal awal yang Kamu butuh persiapkan merupakan kandang selaku tempat buat kelinci istirahat.

Terdapat 2 tipe kandang kelinci yang pada biasanya digunakanyaitu kandang terbuka serta kandang tertutup.

Yang diartikan kandang terbuka disini merupakan lahan terbuka yang diberi pagar penghalang supaya kelinci tidak berkeliaran kemana- mana. Sebaliknya kandang tertutup yang memeliki dimensi terbatas yang dibatasi bilik serta atap.

Membagikan Kelinci Berkualitas

Bila kelincin tidak makan nyatanya hendak mati kan? oleh karena itu, upayakan kelinci diberikan pakan yang bermutu.

Menjaga kelinci dengan metode berikan pakan yang bermutu hendak membuat berkembang kembang kelinci terus menjadi kilat, tahan terhadap serbuan penyakit serta tidak gampang mati.

Mengawinkan Kelinci

Bila Kamu mau mempunyai koleksi yang lebih banyak, cobalah buat mengawinkan antara jantan serta betina supaya kelinci tumbuh biak dengan kilat.

Tetapi saat sebelum mengawinkannya, terdapat sebagian perihal yang butuh jadi atensi antara lain kelinci telah berusia diatas 6 bulan, masa berahi kelinci sepanjang 15 hari, serta sebagainya.

Kelinci tumbuh biak dengan metode kawin. Tidak terdapat spesies lain yang begitu populer sebab kemampuannya buat bereproduksi semacam halnya kelinci.

Berbeda dengan Hydra, yang mungkin kamu tidak tahu hydra berkembang biak dengan cara apa? Kembang tumbuh kelinci dapat lebih diamati dengan mudah.

Metode Tumbuh Biak Kelinci

Kelinci bisa berbadan dua di dini kehidupan, dengan sebagian ras yang lebih kecil mengawali sesi kehidupan reproduksinya semenjak usia 4 bulan. Kelinci tumbuh biak dengan metode kawin ataupun dalam ikatan intim.

Sehabis kawin, induk kelinci hendak berbadan dua dekat 32 hari serta, rata- rata, hendak mempunyai dekat 6( ataupun lebih) anak; walaupun bisa jadi buat satu kali beranak dapat sampai 4 belas balita sangat banyak.

Sehabis lahir, induk kelinci bisa lekas berbadan dua kembali. Maksudnya, secara teori, seekor betina dapat melahirkan anak tiap bulan sejauh tahun. Tidak heran bila kelinci mempunyai reputasi yang lumayan baik buat menciptakan balita!

Pemilihan induk betina serta betina ialah aspek yang sangat berarti dalam pemuliaan sebab generasi yang baik diharapkan dari betina yang baik. Kita wajib memikirkan stok pengembangbiakan dalam perihal kesuburan, naluri keibuan, hasil susu, laju perkembangan, kesuburan serta kelangsungan hidup.

perkembang biakan kelinci, tumbuh biak kelinci, metode perkembangbiakan kelinci, metode tumbuh biak kelinci, metode kembang biak kelinci, kembang biak kelinci, kelinci tumbuh biak dengan metode, metode kelinci tumbuh biak

Kelinci Jantan( Buck)

Kelinci jantan dalam Bahasa Inggris biasa diucap buck. Seekor pejantan meningkatkan keahlian pengembangbiakannya pada umur 8 bulan. Pejantan yang sempurna wajib terus mempertahankan keahlian reproduksinya paling tidak sepanjang 2 hingga 3 tahun.

Seekor pejantan muda diperbolehkan buat kawin dengan satu betina dengan selang waktu 3 hingga 4 hari. Tetapi, dari umur 12 bulan ke atas bisa jadi dapat kawin 4- 6 kali dalam 7 hari. Kelinci jantan yang melebihi umur 6 tahun wajib diafkir sebab mutu air sperma menyusut.

Buat melindungi supaya pejantan senantiasa sehat, dibutuhkan protein bonus, vit serta mineral wajib ditambahkan dalam santapan. 2 ekor jantan siap kawin tidak boleh ditaruh di tempat yang sama sebab mereka hendak silih bertarung serta menimbulkan luka. Perbandingan 1 jantan dapat mengawini 10 betina.

Kelinci Betina (Doe)

Dalam Bahasa Inggris kelinci betina diketahui dengan istilah doe. Seekor kelinci betina wajib mempunyai kesempurnaan buat bereproduksi. Seekor kelinci betina sanggup tumbuh biak bersumber pada ras, status gizi, serta masa.

Trah yang lebih kecil menggapai kematangan intim lebih dini dari trah yang lebih besar. Ras kelinci hias kecil bisa dikawinkan pada umur 4 bulan sebaliknya ras yang lebih besar semacam sebagian kelinci pedaging bisa kawin pada umur 8- 9 bulan. Seekor betina bisa digunakan buat tumbuh biak sampai umur 3 tahun serta afkir wajib dicoba setelahnya.

Kelinci tercantum dalam kelompok hewan mamalia yang tidak berovulasi secara otomatis. Tidak terdapat siklus birahi. Ovulasi memerlukan rangsangan kawin serta dengan demikian diinduksi secara natural.

Stimulasi intim dengan sanggama ataupun selaku respons terhadap eksogen, gonadotropin, ovulasi terjalin. Kadang- kadang perempuan bisa jadi silih memicu hingga titik rangsangan. Tipe ovulasi ini diharapkan tidak jadi berbadan dua semu ataupun mandul sepanjang sebagian hari.

Ovulasi cenderung terjalin dalam rentang 9- 13 jam. Tetapi, biasanya itu terjalin pada 10 jam sehabis kawin, diperkirakan senantiasa dalam berahi konstan sejauh tahun ataupun di masa kawin. Tetapi, dikenal kalau folikel tumbuh serta hadapi kemunduran dalam siklus 15- 16 hari. Terdapat periode kekurangan kala kelinci betina kehabisan atensi buat memperoleh jantan. Ovulasi pula bisa diinduksi lewat stimulasi mekanis pada Miss V.

Metode Mengawinkan Kelinci

Karakteristik kelinci siap kawin: Seekor kelinci betina dalam keadaan berahi tidak susah dikenali secara lahiriah. Tetapi, memanglah bisa jadi menampilkan sebagian ciri semacam kegelisahan, gugup, menggesekkan kepala serta dagu di sisi kandang ataupun barang lain.

Vulva jadi bengkak serta bercorak ungu. Tetapi, penerimaan pejantan ataupun respon terhadap kelinci jantan wajib dikenal selaku kriteria buat berahi. Oleh sebab itu, deteksi berhai lewat kelinci jantan wajib dicoba saat sebelum membolehkan buat kopulasi.

Ditaksir umur kawin awal dekat 5- 6 bulan. Selaku ketentuan, kelinci betina wajib dibawa ke kandang jantan, serta jangan sempat dicoba kebalikannya buat menjauhi perkelahian. Pagi serta sore hari merupakan waktu sangat kondusif buat kawin.

Betina reseptif hendak mengangkut ekornya serta mengizinkan kawin. Kelinci jantan sangat bermacam- macam dalam dorongan seksualnya. Pejantan bisa jadi lelet dalam melaksanakan layanan ke kandang asing. Bila seekor pejantan jantan serta betina dalam kondisi bersama berahi yang sempurna, pernikahan hendak terjalin nyaris mendadak.

Sehabis sukses kawin, pejantan umumnya menghasilkan tangisan khas serta jatuh ke salah satu sisi betina. Satu kali kawin umumnya lumayan. Bila seekor betina tidak mengizinkan dalam perihal itu sang pemelihara wajib menunggu sepanjang 3 hingga 4 hari ataupun menolong kawin dengan memegang betina. Sehabis kawin, kelinci betina wajib dikembalikan ke kandangnya.

Dalam peternakan kelinci komersial, peternak kelinci dapat mempunyai 5 ataupun 6 anak per ekor per tahun. Ini cuma bisa jadi dicoba dengan menyapih serasah pada umur 5 minggu serta kawin lekas sehabis penyapihan. Tiap siklus kawin hendak memakan waktu 65 sampai 75 hari. Perihal ini pula bisa dicoba dengan mengawinkan kelinci betina 21 hari sehabis melahirkan serta menyusui.

Masa Kehamilan Kelinci

Masa gestasi, kehamilan ataupun kebuntingan pada kelinci berkisar antara 28- 32 hari( kurang lebih 30 hari). Kotak sarang wajib ditaruh di dalam kandang buat mempermudah kelinci mempersiapkan alas tidur buat balita yang baru lahir.

Sarang wajib disediakan paling tidak 5- 6 hari saat sebelum proses kelahiran. Kotak sarang wajib berisi bahan sarang semacam jerami, rumput, tabungan kayu dll. Debu gergaji tidak boleh digunakan selaku bahan alas tidur.

Seekor rusa betina bisa mencabut sebagian rambutnya buat membuat sarang untuk tandu. Aksi yang mencukupi wajib diambil tentang pemberian makan serta manajemen sepanjang masa kehamilan. Kuantitas pakan wajib ditingkatkan sepanjang 10 hingga 15 hari kehamilan. Banyak air bersih wajib disediakan. Tekanan area wajib dihindari sepanjang bisa jadi.

Kelinci Tumbuh Biak Dengan Metode– Apakah kamu penyuka hewan kelinci ini ataupun kamu mau memelihara hewan kelinci ini. Tetapi sempatkah kamu berfikir bila kamu tidak cuma mau memelihara hewan kelinci ini namun kamu mau memiliki lebih banyak kelinci namun kamu tidak mau membeli lebih banyak, serta opsi buat permasalahan tersebut merupakan dengan mengembangbiakkan kelinci.

Meski kamu bukan seseorang peternak namun kamu pula dapat berupaya buat mengembangbiakkan kelinci ini, bila kamu tidak ketahui triknya aku hendak menarangkan ke kamu apa saja yang di perlukan buat mengembangbiakkan kelinci supaya memperoleh kelinci yang sehat serta memperoleh generasi yang unggul. Dari metode ini juga bisa jadi kamu malah dapat menjual sebagian kelinci dari hasil mengembangbiakkan kelinci.

Saat sebelum berupaya buat mengembangbiakkan kelinci kamu wajib mengenali sebagian siklusnya sebab bila kamu tidak mengenali siklusnya kamu hendak bimbang memastikan kapan kelinci lagi produktif ataupun tidak, serta lebih baik kapan kelinci di kawinkan, serta yang terutama merupakan metode menjaga kelinci dikala hendak di kembang biakkan supaya kelinci aman dikala proses mengembangbiakkan.

Siklus Pemilihan Usia Kelinci buat Dikawinkan

Kelinci telah dapat di kawinkan bila kelinci telah berusia 4 hingga 5 bulan buat tipe kelinci lokal yang telah memiliki berat tubuh 2 kilogram– 3 kilogram, bila buat kelinci impor buat di kawinkan merupakan 8 bulan hingga 10 bulan serta memiliki berat tubuh berkisar 4 kilogram hingga 6 kilogram. Namun usia serta berat tubuh syarat yang tadi di singgung bukan selaku patokannya.

Lebih baik bila kelinci telah membuktikan ciri– ciri birahinya hendaknya kelinci langsung di kawinkan saja sebab bila tidak kelinci hendak tidak aman, obesitas, serta lebih parah lagi merupakan kelinci dapat hadapi mandul sebab sel telur pada kelinci betina hendak menyempit serta saluran mani kelinci jantan hendak menyempit perihal tersebut hendak mengusik proses pernikahan kelinci.

Pengaturan siklus dikala mengkawinkan kelinci

Buat mengendalikan kelinci supaya dapat kawin dengan memperoleh mutu terbaik merupakan dengan jangan mengkawinkan kelinci yang lagi tidak birahi, tidak di usia produktifnya, serta dengan kelinci yang lagi melahirkan. Bila kelinci berakhir di kawinkan serta memiliki ciri– ciri berbadan dua lebih baik langsung di pisahkan dari kandang pejantan.

Perihal tersebut dapat menimbulkan kelinci jantang melaksanakan kawin lagi serta mengganggu anak yang telah di kandung oleh kelinci betina tadinya. Jauhi pula mengkawinkan kelinci jantan serta betina pada kandang yang berdekatan dengan kelinci betina sebab kelinci betina yang tidak dikawinkan hendak merasa di kawinkan serta hendak merasa berbadan dua serta dikala waktu kelahiran telah tiba kelinci tersebut hendak merasa stress serta kelinci hendak sulit buat di kawinkan perihal tersebut ialah penyakit kelinci berbadan dua semu.

Buat menjauhi kelinci hadapi kehamilan semu lebih baik kelinci yang hendak di upayakan tidak di taruh pada kandang yang berdekatan dengan kandang kelinci betina serta lebih baik di pakai kandang sistem bertingkat supaya kelinci yang hendak di kawinkan di taruh di kandang yang di dasar bukan di samping kandang kelinci betina yang lain.

Bila kamu mau menghemat kandang kamu dapat memelihara kelinci betina 10 serta 1 jantan itu telah lumayan sebab kelinci jantan itu memiliki birahi yang kokoh, namun kelinci jantan tersebut wajib telah memiliki usia yang lumayan dalam artian kelinci jantan tersebut telah memiliki usia yang berusia buat melaksanakan pernikahan.

Siklus Kelinci Hendak Melahirkan

Buat siklus awal ini kelinci hendak melahirkan anak namun tadinya wajib dicoba proses pernikahan yang memiliki sebagian metode buat mengkawinkan 2 kelinci jantan serta betina ialah kita wajib memilah indukan kelinci yang baik indukan yang baik tidak memiliki cacat serta riwayat yang kurang baik bila mau mencari indukan lebih baik ke peternak kelinci serta kamu pula dapat bertanya riwayatnya.

Sehabis mendapatkannya kamu wajib menyimpan kelinci indukan pada satu kandang serta upayakan kelinci betina yang ditaruh pada kandang kelinci jantan supaya kelinci jantan merasa aman di kandangnya sendiri serta kelinci jantan pula hendak merasa berkuasa. Sehabis melaksanakan proses pernikahan umumnya kelinci berbadan dua pada umur 28, 29, 30 hari hendak merasa risau serta nampak semacam menggali– gali sarang buat anaknya.

Lubang yang di gali juga cukup dalam ialah 20 hingga 50 centimeter apalagi terdapat kelinci berbadan dua yang dapat menggali lebih dalam lagi, Kelinci melahirkan 3 hingga 10 anak kelinci buat sekali melahirkan. Kelinci memiliki sistem reproduksi yang sangat baik jadi tidak butuh waktu lama buat kembali produktif sehabis melahirkan anak namun hendaknya kamu menunggu sebagian hari lagi saat sebelum langsung di kawinkan sebab kelinci hendak nampak letih serta itu dapat menyebabkan anak kelinci jadi cacat.

Anak kelinci baru juga yang telah berusia satu minggu sanggup kawin perihal tersebut sebab kelinci memiliki sistem reproduksi yang kilat serta kelinci memiliki 2 rahim, selaku pemelihara kelinci hendaknya kamu melindungi siklus kawin dari kelinci kamu jangan sangat kerap buat di kawinkan sebab kamu pula wajib melindungi mutu rahim supaya anak kelinci yang di hasilkan tidak cacat.

Berikanlah sela waktu sebagian minggu supaya kelinci wajar kembali serta siap buat di kawinkan, serta sehabis di kawinkan serta kelinci berbadan dua kelinci lebih baik di pisahkan dari kelinci jantan supaya anak dari kelinci yang berbadan dua tersebut tidak di makan oleh kelinci jantan.

Anak kelinci ini memiliki sistem pencernaan yang sangat lemah jadi dalam 1 minggu lebih baik diberikan asi dari indukan supaya melindungi anak kelinci jadi aman serta sistem pencernaannya. Bagikan pula santapan yang bermutu buat indukan supaya indukan bisa menciptakan asi yang banyak buat anak kelincinya.

Dengan cepatnya pertumbuhannya jadi asi di perlukan sangat banyak, bila telah mulai berusia 1 minggu anak kelinci telah mulai diperkenalkan dengan santapan–santapan yang lebih gampang buat di cerna oleh anak kelinci, di usia yang 1 minggu itu anak kelinci telah dapat melompat– lompat serta berlari di wilayah kandangnya. Bila telah berusia kelinci telah dapat makan dengan wajar serta induk telah dapat meninggalkan anak kelinci tersebut.

Demikian penjelasan kami mengenai cara kelinci berkembang biak yang kami ambil dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here