Tips Merawat Kecantikan dan Menghilangkan Jerawat

Kecantikan wajah merupakan hal yang banyak diidamkan oleh wanita. Ada banyak upaya untuk menampilkan hal ini, diantaranya adalah dengan melakukan perawatan kencatikan untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang dapat mengganggu penampilan, jerawat contohnya. Ada banyak macam dan tipe jerawat dengan beragam cara menghilangkannya. Mari kita gali lebih dalam apa itu jerawat.

2. Jerawat Meradang Inilah 7+7 Cara Menghilangkan Jerawat dan BekasnyaJerawat adalah masalah yang normal dialami setiap orang. Namun, jerawat tentunya bisa menjadi masalah bagi Anda yang mengutamakan penampilan. Pasalnya jerawat yang tidak ditangani dengan cepat dan benar akan meninggalkan bekas yang sangat mengganggu. Meski saat ini banyak beredar obat-obatan kimia, namun cara menghilangkan jerawat alami menjadi pilihan utama kebanyakan orang. Cara ini dipilih karena tidak memiliki efek samping dan sangat aman diterapkan untuk kulit wajah. Selain itu, bahan alami yang bisa dipakai untuk mengatasi jerawat juga sangat mudah ditemui dan murah. Memakai bahan kimia memang lebih cepat daripada menggunakan bahan alami. Namun, efek sampingnya cukup besar. Menggunakan obat kimia juga sebaiknya menggunakan resep dokter. Hal tersebut dikarenakan tidak semua orang cocok memakai bahan kimia, apalagi bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Lain halnya dengan bahan alami yang aman untuk setiap jenis kulit.

Ada banyak penyebab dan cara menghilangkan jerawat, beberapa diantaranya adalah hormon yang tidak seimbang, kulit berminyak, berkembangnya bakteri P.acne, dan lain sebagainya. Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab jerawat, berikut ini akan diulas terkait bahan-bahan alami yang bisa dipakai untuk mengatasinya.

Advertisement

10 Bahan Alami yang Sangat Ampuh Menghilangkan Jerawat

1. Mentimun
Mentimun selain bisa mengencangkan dan menghaluskan kulit, ternyata juga bisa mengatasi masalah jerawat. Hal tersebut dikarenakan mentimun memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk meregenerasi kulit. Tak hanya itu, terdapat pula kandungan asam amino, vitamin C dan berbagai mineral yang berkhasiat untuk mempercantik kulit wajah. Cara menggunakan mentimun sebagai masker alami penghilang jerawat juga sangatlah mudah. Anda hanya perlu menghaluskan atau memotong kecil-kecil mentimun yang masih segar. Lalu, terapkan pada seluruh wajah secara merata. Biarkan sekitar 15 menit. Agar hasil yang diberikan maksimal, Anda bisa mengonsumsi jus mentimun yang dicampur dengan jeruk nipis.

2. Putih telur
Obat menghilangkan jerawat alami selanjutnya adalah putih telur. Tahukah Anda bahwa ternyata putih telur memiliki kandungan yang dapat mengecilkan pori-pori? Bahkan, putih telur juga mampu mengurangi produksi minyak berlebih yang menjadi salah satu sumber utama penyebab jerawat. Putih telur juga mengandung Enzim lysozim yang berfungsi untuk menghancurkan atau memecahkan dinding sel bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Cara menggunakannya, Anda pisahkan putih telur dengan kuningnya. Setelah itu, balurkan pada wajah yang terdapat jerawat secara merata. Bisa juga Anda oleskan pada seluruh bagian wajah. Sebab pada dasarnya putih telur juga memiliki kemampuan untuk menghaluskan kulit. Diamkan selama beberapa menit hingga terasa kering kemudian bilas menggunakan air.

3. Cuka Sari Apel
Banyak yang belum tahu bahwa ternyata, cuka sari apel bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat. Bahan alami ini bisa Anda temui dengan mudah di supermarket terdekat. Cuka sari apel memiliki kandungan asam laktat dan asam malat yang sangat berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Sehingga jerawat beserta dengan bekasnya akan hilang dengan cepat. Selain itu, terdapat pula kandungan antioksidan yang mampu mempercepat proses penyembuhan kulit dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Cara penggunaannya juga sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan cuka sari apel sebanyak 5 ml pada 95 ml air matang. Kemudian oleskan secara perlahan pada wajah berjerawat memakai kapas. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bersihkan menggunakan air hangat. Agar hasilnya maksimal, Anda pakai masker alami ini sebelum tidur dan diamkan selama semalaman.

4. Lemon
Obat menghilangkan jerawat yang keempat adalah lemon. Lemon memiliki kandungan asam askorbat-L yang sangat berperan dalam mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu, bahan ini juga berfungsi untuk membersihkan pori-pori wajah dan debu dan kotoran yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Lemon juga terkenal sebagai penghilang noda dan felk hitam pada wajah serta mencerahkan kulit. Caranya, Anda belah menjadi dua bagian lemon yang masih segar. Tekan sedikit hingga air perasannya keluar dan oleskan pada seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air dingin.

5. Alpukat
Khasiat alpukat untuk merawat kecantikan wajah tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebab alpukat memang memiliki banyak sekali nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit. Selain menghaluskan, mengencangkan, dan melembabkan, ternyata alpukat juga ampuh untuk mengatasi jerawat yang membandel. Vitamin E pada alpukat dalam mengurangi peradangan dan mengecilkan pori-pori. Sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Cara membuat masker alami dari alpukat juga mudah. Anda bisa mengambil daging buah alpukat dan haluskan. Setelah itu, balurkan pada wajah yang mengalami jerawat. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengombinasikannya dengan perasan lemon.

6. Lidah buaya
Seringnya, lidah buaya dipakai untuk menghitamkan rambut. Padahal, bahan alami ini ternyata juga sangat ampuh menghilangkan jerawat. Pasalnya, lidah buaya memiliki banyak sekali kandungan yang mampu menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Kandungan yang ada pada lidah buaya diantaranya adalah polisakarida dan hormon giberelin yang mampu menghancurkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, adapula antioksidan yang dapat mengeluarkan racun-racun dari dalam kulit. Vitamin C dan E serta mineral yang ada di dalamnya juga dapat mempercepat proses penyembuhan kulit berjerawat. Bahkan, bahan alami ini juga bisa dijadikan sebagai masker alami untuk memutihkan wajah. Caranya, Anda belah lidah buaya dan iris bagian atas agar gel atau lendir yang ada di dalamnya dapat diambil. Haluskan gel dan balurkan pada area wajah yang berjerawat selama kurang lebih 5 menit. Bersihkan menggunakan air dingin.

7. Madu
Madu memiliki kandungan hidrogen peroksida. Dimana kandungan tersebut bersifat antibakteri sehingga bisa menghalangi bakteri penyebab jerawat untuk berkembang. Madu juga memiliki kandungan yang bisa dijadikan sebagai moisturizing. Membuat masker madu sangatlah sederhana. Karena Anda hanya perlu mempersiapkan madu alami (bukan campuran) yang dapat dibeli di toko-toko terdekat. Selanjutnya langsung dioleskan pada wajah secara merata dan biarkan selama 20 menit. Kemudian bersihkan menggunakan air.

8. Pepaya
Bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat selanjutnya adalah pepaya. Pepaya mengandung zat papain yang sangat berguna untuk mencegah munculnya peradangan akibat jerawat. Tak hanya itu, buah ini juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga noda bekas jerawat menjadi hilang tersamarkan. Selain mengatasi jerawat, buah pepaya juga bisa dijadikan sebagai cream pemutih yang aman untuk Anda. Cara pemakaian buah pepaya sebagai masker alami sangat mudah. Anda siapkan pepaya yang sudah matang, kemudian di blender atau tumbuk hingga halus. Balurkan pada wajah hingga merata dan diamkan selama 20 menit. Selanjutnya, bersihkan menggunakan air hangat. Mengaplikasikan masker ini secara rutin akan membuat wajah Anda bersih, halus, putih dan bebas dari jerawat.

9. Kulit jeruk
Masker alami untuk memutihkan wajah selanjutnya adalah kulit jeruk. Kulit jeruk kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan ini tentu memiliki khasiat yang cukup ampuh mengatasi masalah jerawat. Disamping itu, bahan alami ini juga berfungsi untuk meregenerasi kulit. Sehingga kulit tampak lebih muda dan sehat. Noda atau flek pada kulit juga akan memudar karena kandungan pada kulit jeruk dapat mengangkat sel-sel kulit yang telah mati. Ada dua cara dalam mengaplikasikan kulit jeruk menjadi masker alami. Yang pertama, Anda keringkan terlebih dahulu kulit jeruk. Kemudian haluskan dan campurkan dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Lalu oleskan pasta tersebut pada area wajah yang berjerawat dan biarkan selama 20 hingga 25 menit dan bersihkan. Cara kedua adalah, Anda blender secara langsung kulit jeruk dengan sedikit air sampai dengan lembut. Balurkan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Bersihkan menggunakan air bersih.

10. Bengkoang
Bengkoang sering dijadikan sebagai bahan utama produk-produk kecantikan karena kandungannya yang sangat baik untuk menjaga kulit. Tak hanya itu, bengkoang juga berfungsi untuk menghaluskan dan memutihkan wajah secara alami. Sehingga tak heran jika bengkong bisa juga dijadikan sebagai bedak pemutih wajah. Caranya, Anda haluskan bengkoang hingga benar-benar lembut menggunakan air matang. Dan biarkan selama beberapa waktu hingga sari bengkoang mengendap di bagian bawah. Endapan sari bengkoang ini dapat Anda langsung terapkan pada wajah sebagai obat jerawat. Sedangkan untuk membuat bedak pemutih alami, Anda bisa mengeringkannya terlebih dahulu hingga membentuk padatan seperti bedak dingin. Apabila ingin membuat masker, Anda hanya perlu menambahkan sedikit air pada padatan bedak dan aplikasikan secara langsung pada wajah.

Bagaimana? Menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami di atas tentu sangat mudah bukan? Jika Anda tidak memiliki cukup banyak waktu untuk membuat masker alami, memakai cream pemutih wajah bpom juga bisa dijadikan solusi. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau ahlinya. Apakah cocok untuk jenis kulit Anda atau justru tidak boleh.

Cara Merawat Kulit agar Tampak Sehat, Putih dan Bebas dari Jerawat

wajah cerah bebas jerawatSelain mengetahui cara-cara untuk menghilangkan jerawat dan membuat kulit wajah semakin cantik, Anda juga perlu memahami cara merawat muka dengan benar. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar jerawat enggan menghampiri. Salah satunya adalah membersihkan wajah secara rutin. Sebaiknya, Anda bersihkan wajah minimal dua kali dalam sehari, terutama saat sebelum tidur. Sebab proses regenerasi kulit terjadi saat Anda tidur. Jika pori-pori tersumbat oleh kotoran dan debu karena Anda belum membersihkan wajah, maka proses regenerasi kulit akan terganggu. Hal ini jugalah yang menyebabkan munculnya jerawat pada wajah.

Setelah membersihkan wajah, Anda juga bisa memakai pelembab yang mengandung jojoba oil. Kandungan ini dapat mengurangi jumlah minyak yang dihasilkan oleh kulit wajah. Sehingga dapat mencegah munculnya jerawat. Namun, alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan masker alami yang telah disebutkan di atas. Sebab selain ampuh, masker alami tentunya lebih aman dibandingkan dengan produk kecantikan yang terbuat dari bahan kimia.

Memastikan bahwa lingkungan yang Anda tempati bersih juga salah satu cara mencegah munculnya jerawat. Selain itu, banyak-banyaklah mengonsumsi buah-buahan dan sayuran agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Sehingga hormon dalam tubuh juga tidak terganggu. Sebab seperti yang diketahui, hormon juga berpengaruh terhadap munculnya jerawat. Kemudian pilihlah produk kecantikan yang aman dan cocok untuk jenis kulit Anda, baik untuk menghilangkan jerawat maupun sebagai bedak pemutih wajah.

Di pasaran, ada banyak sekali cream pemutih yang aman. Namun, tak sedikit pula cream yang mengandung bahan-bahan berbahaya jika diterapkan pada kulit. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan bahwa cream pemutih dan menghilang jerawat yang Anda gunakan terdaftar dalam BPOM. Produk kecantikan yang terdaftar BPOM setidaknya layak untuk diterapkan pada kulit. Meskipun begitu, sebaiknya Anda tetap mengonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter. Atau cobalah sedikit pada kulit tangan dan lihat reaksinya. Jika timbul iritasi atau gatal-gatal, tentunya jangan menggunakan cream tersebut pada wajah. Sebab mungkin saja kulit Anda tidak cocok memakai produk kecantikan tersebut.

Cream pemutih wajah bpom tentunya sudah teruji secara klinis. Namun, perlu Anda ketahui bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Jenis-jenis kulit diantaranya adalah kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, kulit normal dan kulit sensitif. Anda yang memiliki jenis kulit kering tentu berbeda penanganannya dengan orang lain yang memiliki jenis kulit berminyak. Sehingga hasil menghilangkan jerawat atau memutihkan kulit akan berbeda hasilnya. Lain halnya dengan menggunakan bahan alami. Dimana semua jenis kulit tidak akan mengalami efek samping apapun saat memakan masker alami.

Cara merawat muka selanjutnya adalah mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Air putih meskipun sederhana, memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh termasuk kulit. Tak heran jika banyak orang yang merekomendasikan untuk mengonsumsi air putih agar mendapatkan kulit sehat bebas jerawat.

Selain kulit wajah, kulit yang berada di area sekitar vagina juga harus terjaga kesehatan dan kebersihannya. Hal ini dilakukan agar selangkangan tidak menghitam. Selangkangan yang menghitam tentu membuat Anda tidak percaya diri bukan? Terutama di hadapan suami tercinta. Oleh karena itu, mengetahui pemutih selangkangan alami adalah hal yang cukup penting. Selangkangan yang menghitam bisa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah salah pemakaian celana dalam, ketidakseimbangan hormon, kekurangan vitamin dan lain-lain. Iritasi, sel kulit yang mati dan menumpuk serta obesitas juga bisa menjadi penyebab selangkangan yang hitam.

Tidak perlu khawatir, sebab memutihkan area selangkangan secara alami sama mudahnya dengan memutihkan wajah. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasinya. Selain itu, cara alami ini bisa diterapkan di rumah. Beberapa bahan herbal yang bisa dipakai untuk memutihkan area selangkangan adalah kulit jeruk, mentimun, lemon dan lain sebagainya. Selain membuat pemutih selangkangan alami, sebaiknya Anda juga melakukan beberapa pencegahan. Tindakan pencegahan yang bisa dilakukan salah satunya adalah tidak menggunakan celana dalam yang terlalu ketat. Selain itu, rajin membersihkan area sekitar kewanitaan juga menjadi cara terbaik untuk Anda mencegah hitamnya selangkangan.

Advertisement

Merawat kecantikan kulit wajah, mengobati jerawat dan menjaga kesehatan kulit pada dasarnya mudah. Jika Anda mengerti pentingnya menjaga kebersihan tubuh. Apalagi, banyak bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit tanpa Anda harus mengeluarkan banyak biaya ke salon. Datang ke salon merupakan cara yang instan untuk mendapatkan kulit yang cantik dan mulus. Namun, hal ini tentu cukup beresiko untuk Anda dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, cara alami adalah solusi terbaik yang bisa dilakukan. Demikian ulasan terkait dengan cara menghilangkan jerawat alami, semoga bermanfaat untuk Anda.

Terms: merawat kecantikan