Advertisement


Pengertian dan Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Efektif

Jerawat merupakan salah satu gangguan kesehatan yang kerap kali muncul di area muka. Jerawat sendiri adalah kondisi di mana pori-pori kulit tersumbat sebagai akibat dari produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Jenis-jenis jerawat sendiri lumayan beragam, mulai dari jerawat biasa yang umumnya berbentuk bintik kecil kemerahan, komedo atau whitehead dan blackhead yang umum ditemukan di area hidung hingga jerawat batu. Jenis terakhir ini bisa dibilang sebagai yang paling menyebalkan karena cenderung meninggalkan bekas serta sangat mengganggu penampilan mengingat ukurannya yang besar-besar. Karena ukurannya yang besar inilah maka jerawat ini disebut sebagai jerawat jenis batu.

Advertisement


Jerawat batu memiliki nama ilmiah Cystic acne. Selain bentuknya yang besar-besar, jenis jerawat ini juga ditandai dengan peradangan hebat serta letaknya berkumpul di seluruh muka. Cystic acne sendiri umumnya disebabkan oleh pengaruh genetik alias keturunan, di mana keluarga dekat mereka juga ada yang menderita jerawat jenis ini. Penderita Cystic acne umumnya memiliki kelenjar minyak over aktif sehingga membanjiri pori-pori kulit mereka dengan minyak, pertumbuhan sel kulitnya tidak normal serta tidak dapat beregenerasi secepat yang normal dan juga memiliki respon yang berlebihan kepada peradangan. Hal inilah yang akan menimbulkan bekas di kulit. Penyebabnya sendiri beragam, mulai dari kelenjar minyak yang sangat aktif, bakteri p.acne, sel kulit mati yang menumpuk, penggunaan kosmetik yang mengandugn banyak minyak hingga pemakaian obat-obatan tertentu.

Mengatasi jerawat batu terbilang susah karena bentuknya yang besar, gampang pecah apabila tidak berhati-hati serta tetap meninggalkan bekas. Namun, susah bukan berarti tidak mungkin. Kita bisa menggunakan produk perawatan khusus untuk jerawat yang parah seperti jerawat jenis ini. Untuk penggunaan produk alami, kita bisa memanfaatkan lemon yang kandungan vitamin C-nya tinggi sehingga akan mengempeskan jerawat serta menghilangkan bekas jerawatnya. Pastikan kita melakukan perawatan secara teratur, disertai dengan mencuci muka secara rutin terutama setelah seharian beraktivitas di luar ruangan. Kita juga bisa melakukan perawatan dari dalam dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat serta mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup.

You Might Also Like