Advertisement


Yuk, Cerdas Memilih Krim Pemutih Wajah!

Keinginan banyak wanita untuk tampil cantik dengan kulit wajah yang putih seringkali dimanfaatkan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab. Di pasaran, kita bisa dengan mudah menemukan aneka produk krim pemutih wajah yang dijual dalam kemasan pot kecil. Bahkan, krim wajah ini tersedia lengkap dalam varian krim malam, krim siang, toner, susu pembersih hingga krim anti iritasi. Penjualnya seringkali mengklaim bahwa krim tersebut adalah krim racikan dokter dan memiliki sertifikasi asli sehingga aman digunakan. Namun, benarkah demikian? Sebagai konsumen, kita harus cerdas dalam memilih produk sebelum membeli. Pertama, jangan tergiur harga murah. Banderol yang miring dan terjangkau kadang akan memikat kita untuk membeli produk perawatan abal-abal. Ingatlah bahwa harga pasti membawa kualitas.

Advertisement


Kedua, kita harus mengetahui bahwa seorang dokter tidak akan sembarangan memberi resep obat sebelum memeriksa kondisi pasiennya terlebih dahulu. Sehingga, tidak akan mungkin sebuah krim dilabeli krim pemutih wajah racikan dokter, di mana kita sendiri tidak pernah diperiksa langsung oleh dokter tersebut sehingga bisa mendapat krim wajah yang sesuai. Selain itu, sebagian besar dari krim racikan dokter seringkali tidak mencantumkan nama, foto serta di mana dokter yang meracik krim itu melakukan praktek. Ketiga, krim pemutih untuk wajah serta badan atau produk perawatan apapun yang kita beli harus terbukti legalitasnya lewat nomor registrasi resmi BPOM.

Tanpa nomor BPOM, produk tersebut dapat dipastikan palsu dan tidak resmi karena tidak terdaftar. Apabila produk berasal dari luar negeri, maka pastikan produk memiliki nomor registrasi FDA, yakni badan semacam BPOM yang ada di luar negeri. Terakhir, ketahuilah ciri-ciri dari krim pemutih wajah abal-abal sehingga kita bisa membedakan mana krim asli dan mana yang palsu. Krim palsu umumnya memiliki bau logam yang menyengat dan tekstur yang lengket. Jika menginginkan kulit putih bebas noda, gunakanlah produk perawatan asli atau meracik sendiri masker wajah dari bahan alami yang ada di sekitar kita. Walaupun produk asli lebih mahal dan masker wajah alami kurang praktis dalam proses pengolahannya, namun kedua cara tersebut tentu lebih aman daripada menggunakan krim palsu.